Asian Games Usai, Asian Para Games Sudah Menunggu

Asian Games Usai, Asian Para Games Sudah Menunggu
Asian Para Games 2018 sebentar lagi bakal digelar di Jakarta. (Antara/Mohammad Ayudha)

Tahun ini, Indonesia menjadi tuan rumah dua ajang olahraga terbesar di Asia, yakni Asian Games dan Asian Para Games. Setelah sukses menggelar Asian Games 2018 Jakarta Palembang, apakah Indonesia juga sukses menjadi tuan rumah Asian Para Games 2018?

Inibaru.id – Asian Games 2018 memang sudah selesai pada Minggu (2/9/2018), tapi Indonesia masih punya satu hajat besar yakni Asian Para Games 2018. Berdasarkan rencana, ajang olahraga multievent terbesar di Asia bagi penyandang disabilitas itu akan dilaksanakan pada 6 hingga 16 Oktober 2018 di Jakarta.

Asian Para Games dengan motto "Semangat Inspirasi dan Energi Asia" ini merupakan gelaran ketiga sejak kali pertama diadakan di Guangzhou, Tiongkok pada 2010 lalu. Asian Para Games kali ini akan memperlombakan 18 cabang olahraga di antaranya panahan, para atletik, bulu tangkis, boccia, catur, bersepeda, bola gawang, judo, bola rumput, para powerlifting, menembak, tempin bowling, voli duduk, basket kursi roda, fencing kursi roda, dan tenis kursi roda.

Sebanyak 42 negara dikabarkan bakal mengikuti acara ini. CEO Asian Paralympic Committee (APC) Tarek Souei mengatakan Asian Para Games 2018 akan menjadi event penting untuk pihak-pihak yang terlibat dalam pengelolaan olahraga penyandang disabilitas seperti dilansir dari Asianparagames2018.id, pada Sabtu (4/8).

Sementara itu, Ketua Indonesia Asian Para Games 2018 Organizing Committee (INAPGOC) Raja Sapta Oktohari menyebut acara ini akan meninggalkan warisan untuk pengelolaan olahraga penyandang disabilitas dengan menghasilkan banyak tenaga ahli di bidangnya.

“Kami juga mengadakan pelatihan NTO (National Technical Officer) dan ITO (International Technical Officer) agar semakin banyak tenaga ahli dari Indonesia yang nantinya bisa mengembangkan olahraga penyandang disabilitas di Indonesia,” jelas Okto.

Semoga Asian Para Games 2018 dapat sesukses Asian Games 2018 ya, Millens. Yuk, siapkan dukunganmu untuk atlet-atlet Indonesia. (MG12/E04)