Lebih dari Seribu Orang Indonesia Akses Internet di Atas 8 Jam Per Hari

Lebih dari Seribu Orang Indonesia Akses Internet di Atas 8 Jam Per Hari
Lama orang Indonesia membuka internet di Indonesia. (Pinterest/trastornos)

Lebih dari seribu orang Indonesia mengakses internet di atas 8 jam dalam sehari. Hal ini diketahui dari hasil survei Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII).

Inibaru.id - Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) kembali merilis hasil survei tahunannya tentang penetrasi dan perilaku pengguna internet. Pada laporan yang dirilis Mei lalu itu, diketahui lebih dari seribu orang Indonesia mengakses internet di atas 8 jam per hari.

Survei tersebut melibatkan 5900 sampel. Dari jumlah tersebut, sebanyak 19,6 persen sampel mengakses internet lebih dari 8 jam. Sementara itu, 14,1 persen sampel mengakses dunia maya selama 3-4 jam. Jumlah paling rendah dengan persentase 5 persen justru menggunakan internet selama 6-7 jam dan 7-8 jam.

Hal ini menunjukkan durasi penggunaan internet di Indonesia tergolong tinggi. Lebih dari sepertiga waktu dalam sehari digunakan untuk berselancar di dunia maya. Jumlah itu kontras dengan mereka yang hanya mengakses internet kurang dari sejam per hari yakni 8,6 persen sampel.

Sementara, internet paling banyak diakses tiga profesi yakni wirausaha besar, guru, dan pedagang toko daring (online shop). Dari sampel yang dilibatkan, semua orang yang berprofesi tiga besar itu menggunakan internet. Profesi yang paling jarang menggunakan internet yakni petani peggarap yang hanya 20,3 persen.

Nah, tahun ini terjadi lonjakan pengguna internet di Indonesia. Pada 2017 lalu, pengguna internet di Indonesia hanya 143,26 juta jiwa. Tahun ini, jumlah tersebut meningkat hingga mencapai 171,17 juta jiwa. Jumlah itu sama dengan 64,8 persen dari seluruh penduduk Indonesia.

Wah, internet nyatanya sudah banyak diakses dan durasi waktunya pun cukup panjang, ya. Eh, ngomong-ngomong berapa jam dalam sehari kamu mengakses internet, Millens? (IB07/E04)