Menu Sehat Sahur Anak Kos, Jangan Terus-menerus Mi Instan!

Menu Sehat Sahur Anak Kos, Jangan Terus-menerus Mi Instan!
Menu sahur sehat anak kos. (Youtube/Mama Adeeva)

Meski statusnya anak kos, seleramu sebaiknya nggak berhenti dengan terus-menerus mengonsumsi mi instan untuk urusan sahur. Selain rawan terkena penyakit, kalau kamu mau mencari tahu, sebetulnya ada banyak ide sahur yang lebih sehat ketimbang selalu mengonsumsi makanan instan tersebut.

Inibaru.id – Anak kos dikenal sebagai orang-orang yang gemar (atau harus?) berhemat. Hal ini juga berlaku dalam hal memilih menu sahur sehari-hari. Keinginan yang tinggi untuk ngirit pun kemudian disalurkan dengan mengonsumsi mi instan yang murah, enak, dan mudah cara bikinnya. 

Nggak jarang hal ini justru membuat kita mengabaikan menu sahur yang lebih baik. Padahal, banyak lo menu sahur sehat yang bisa kamu coba. apa saja?

1. Nasi dan Telur

Nasi telur orak-arik. (Resepharian.co)
Nasi telur orak-arik. (Resepharian.co)

Sebenarnya, selain mi instan, banyak anak kos yang makan-makanan sederhana seperti nasi dan telur. Dibanding mi instan, nasi dan telur bisa dibilang mempunyai derajat kesehatan yang lebih baik.

Telur memiliki kandungan protein serta lemak sehat yang baik bagi tubuh sekaligus membantumu kenyang lebih lama saat berpuasa.

Kalau bosan dengan telur ceplok, kamu bisa kok mencoba cara lain yang lebih menarik seperti telur orak-arik yang diberi tambahan sayuran atau omelette jyang uga diberi tambahan sayur cacah. Dijamin enak dan sehat!

2. Sayuran

Sup sayuran. (Cutescottish.com)
Sup sayuran. (Cutescottish.com)

Daripada makan yang instan-instan atau kalengan, coba deh kamu buat sup sayuran. Nggak sulit kok. Terkait gizi, dijamin baik bagi tubuhmu. Harga sayuran juga nggak mahal, kan, Millens?

Bumbu sup juga bisa kamu dapatkan di mana-mana dengan mudah, jadi kamu nggak kerepotan meraciknya lagi. Intinya sih, asalkan sudah ada sayuran yang mau kamu jadikan sup, bakal cepat kok membuatnya.

Kalau nggak sup sayuran, kamu juga bisa bikin sayur bening bayam. Sama-sama sehat dan menyegarkan, deh.

3. Capcay

Capcay. (opiedamayanti26.blogspot)
Capcay. (opiedamayanti26.blogspot)

Capcay juga sangat nikmat untuk dijadiken menu sayur, Millens. Bahan-bahannya mudah didapat dengan harga murah. Cara membuatnya juga nggak ribet. Kamu bisa kok mengolahnya sendiri di rumah.

Meski digoreng, minyak yang dipakai saat membuat capcay nggak banyak. Otomatis, capcay lebih sehat daripada kamu makan dengan gorengan, deh.

4. Sandwich

Sandwich. (Flickr/

Jason Wolff)
Sandwich. (Flickr/ Jason Wolff)

Orang Indonesia memang merasa belum makan kalau belum mengonsumsi nasi. Namun, untuk anak kos yang mungkin nggak memiliki penanak nasi, gimana dong? Keterbatasan ini mau nggak mau membuat standar kekenyanganmu harus berubah, misalnya mulai makan roti seperti sandwich untuk sahur.

Cobalah bikin roti lapis dengan isian berupa telur dadar dan selada. Kalau punya roti gandum, tentu lebih baik karena serat roti gandum lebih banyak dan bakal bikin rasa kenyangmu bertahan lebih lama.

5. Oatmeal

Oatmeal. (Flickr/

やましこ)
Oatmeal. (Flickr/ やましこ)

Sering dianggap sebagai makanan diet, oatmeal juga bisa kamu jadikan pilihan untuk sahur di kos. Tambahi buah-buahan agar rasanya jadi lebih enak, ya!

Wah, sepertinya enak-enak, ya Millens? Kamu pengin memasak menu sehat sahur yang mana, nih? (Hel/IB09/E03)