Menu Ayam, Paling Laris Dipesan Secara Daring di Masa PPKM

Menu Ayam, Paling Laris Dipesan Secara Daring di Masa PPKM
Masakan ayam jadi yang paling sering dipesan masyarakat secara daring di masa PPKM. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Selama masa PPKM, pergerakan masyarakat dibatasi. Hal ini membuat banyak orang sering memesan makanan secara daring. Nah, masakan yang paling laris dipesan di masa PPKM ini adalah masakan ayam, lo.

Inibaru.id – Sejak Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) diberlakukan, baik itu darurat atau level 1-4, masyarakat cenderung jarang makan langsung di tempat makan. Banyak yang membeli untuk dibungkus atau membelinya secara daring. Nah, menurut penelitian, yang paling banyak dipesan secara daring ternyata adalah masakan ayam, lo.

Sejumlah layanan pemesanan dan pengantaran makanan secara daring seprti GoFood, Grabfood, serta ShopeeFood benar-benar memaksimalkan fenomena ini. Khusus untuk GoFood, berdasarkan data pada akhir 2020 lalu saja, layanannya bahkan sudah ada di 69 kota di Tanah Air.

Nggak hanya karena masyarakat terbatasi pergerakannya untuk keluar rumah atau berkendara, banyak orang yang terpapar Covid-19 memutuskan untuk memesan makanan secara daring agar nggak repot saat menjalani isolasi mandiri. Nah, hal ini juga ikut-ikutan membuat angka pemesanan makanan secara daring meningkat.

Kalau menurut laporan yang dikeluarkan Grab dari 12 April sampai 25 April 2021 sih, masakan ayam jadi yang paling sering dipesan pengguna layanan ini di 32 kota besar di Indonesia. Menariknya, hal yang sama juga diungkap oleh GoFood, meski data yang mereka pegang adalah pada 2020 lalu.

“Saat itu, menu terlaris didominasi ayam goreng dan kopi susu,” ujar VP Corporate Affairs Food and Groceries GoFood Rosel Lavina.

Masakan ayam banyak dipesan di masa PPKM seperti ayam geprek dan ayam sambel ijo. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Masakan ayam banyak dipesan di masa PPKM seperti ayam geprek dan ayam sambel ijo. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Head of Marketing Grabfood Indonesia Hadi Surya Koe pada Februari 2021 lalu juga menyebut olahan ayam layaknya ayam geprek dan ayam sambel ijo jadi yang paling laris dipesan. Nah, di posisi berikutnya adalah olahan nasi seperti nasi goreng atau nasi bakar.

Menariknya, di urutan ketiga adalah minuman seperti kopi. Hadi menyebut hal ini dipengaruhi besar oleh berpindahnya tempat kerja dari rumah menjadi di rumah aja.

“Otomatis kebiasaan mereka untuk minum kopi pada saat bekerja atau istirahat selama di kantor. Namun, karena bekerja di rumah mereka tetap minum kopi namun dipesannya melalui Grabfood,” ujarnya, Senin (8/2/2021)

Kalau menurut data yang dikeluarkan Ketua Presidium Gabungan Aksi Roda Dua (Garda) Igun Wicaksono pada Januari 2021 lalu, layanan pesan-antar makanan mengalami peningkatan sebanyak 10 persen. Meski begitu, karena banyak orang yang bekerja dan melakukan aktivitas lainnya di rumah, layanan ojek daring pun semakin menurun.

“Teman-teman pengemudi online kini mengandalkan layanan pesan-antar makanan dan pengiriman barang,” terang Igun, Selasa (19/1).

Diperkirakan, variasi makanan seperti snacking food bakal semakin pesat di masa pandemi agar bisa memenuhi kebutuhan orang yang ingin ngemil selama di rumah aja. Camilan ini juga laris manis dipesan secara daring di masa pandemi.

Kalau kamu, apakah juga sering memesan masakan ayam secara daring di masa PPKM, Millens? (Kom,Lok/IB09/E05)