Menteri Luhut Sebut Corona Tak Tahan Cuaca Panas, Benarkah?

Menteri Luhut Sebut Corona Tak Tahan Cuaca Panas, Benarkah?
Luhut sebut virus corona tak tahan panas. (Tempo)

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan virus corona tak tahan cuaca panas. Apakah pernyataan itu benar secara ilmiah?

Inibaru.id- Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan kembali mengeluarkan ujaran kontroversial. Luhut menyebut virus corona nggak akan tahan dengan cuaca panas Indonesia. Pernyataan ini dia sampaikan pada konferensi pers usai rapat terbatas membahas antisipasi mudik di tengah pandemi virus corona.

 “Dari hasil modelling kami, cuaca Indonesia yang ada di garis ekuator ini memiliki panas dan kelembapan udara yang cukup tinggi, jadi virus corona nggak kuat di sini,” ujar Luhut pada Kamis (2/4/2020).

Namun, pernyataan Luhut ini belum bisa dibuktikan secara ilmiah. Sejumlah pakar kesehatan mengimbau masyarakat nggak mudah percaya dengan anggapan tersebut.

Pada 2010, Pusat Penyakit Menular Universitas Edinburgh, Inggris menemukan tiga jenis virus corona biasanya muncul pada musim dingin. Virus ini menyebar dengan cepat antara Desember hingga April. Jenis virus tersebut di antaranya SARS dan influenza.

Sayangnya, Covid-19 ternyata yang nggak masuk dalam tiga jenis virus yang diteliti tersebut. Covid-19 juga memiliki pola yang jauh lebih mengkhawatirkan. Terlebih World Health Organization (WHO) sudah memasukkan Covid-19 sebagai pandemi yang nggak mengenal musim.

WHO tetapkan COVID-19 sebagai pandemi. (Radio)
WHO tetapkan COVID-19 sebagai pandemi. (Radio)

Sekalipun virus corona tak tahan panas, bukan berarti virus ini akan musnah setelah terpapar cuaca panas, Millens.  Analisis awal yang dilakukan ilmuwan di Massachusetts Institute of Technology (MIT) memang mengatakan virus corona meningkat dengan cepat di suhu dingin. Namun, ilmuwan komputasi MIT Qasim Bukhari mengatakan virus corona tidak benar-benar musnah karena panas.

“Suhu yang hangat hanya membuat penularan virus ini kurang efektif. Ini bukan berarti tidak ada penularan,” ujar Bukhari, Jumat (3/4).

Para peneliti memastikan bahwa cuaca panas nggak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap virus corona . Ada baiknya kamu tetap waspada dan di rumah aja. Jangan lupa cuci tangan ya, Millens! (Det/IB03/E07)