Menteri Edhy Prabowo Tak lagi Terapkan Kebijakan Penenggelaman Kapal
Edhy Prabowo tegaskan nggak akan ada penenggelaman kapal yang digagas oleh Susi Pudjiastuti. (Wowkeren)

Menteri Edhy Prabowo Tak lagi Terapkan Kebijakan Penenggelaman Kapal

Kebijakan menenggelamkan kapal yang digagas oleh mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti nggak lagi diterapkan dalam kepemimpinan menteri baru, Edhy Prabowo. Edhy lebih fokus pada pengawasan sumber daya kelautan dan perlindungan terhadap nelayan.

Inibaru.id  –  Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Edhy Prabowo menegaskan ke depannya nggak akan ada lagi penenggelaman kapal. Hal tersebut dia sampaikan dalam kunjungan ke Pangkalan Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Jembatan II Barelang Batam, Kepualauan Riau, Riau.

Melansir Kompas, hal tersebut dijelaskan Edhy setelah mengikuti acara simulasi peledakan kapal di PSDKP Batam, Rabu (13/11/2019). "Tidak ada lagi penenggelaman kapal, saat ini kami lebih fokuskan pada pembinaan terhadap nelayan kita," katanya.

Seperti diketahui, kebijakan penenggelaman kapal merupakan terobosan yang dibuat oleh mantan Menteri KKP Susi Pudjiastuti. Dalam kepemimpinannya, Edhy akan lebih fokus pada pembinaan nelayan Indonesia.

"Arahan Pak Presiden, kita harus menyejahterakan nelayan dan mengawal nelayan dalam melakukan penangkapan Ikan di laut Indonesia," ujar Edhy.

Menurutnya, fokus utama KKP lewat PSDKP adalah melakukan pengawasan terhadap sumber daya kelautan dan perikanan. Serta melakukan pengamanan dan perlindungan terhadap nelayan Indonesia dari ancaman pihak luar.

Fokus tersebut berdasarkan pada nelayan Indonesia yang banyak mengalami intimidasi dari luar negeri. Bahkan ketika nelayan tengah mencari ikan di Indonesia, negara sendiri. Dia juga  menjelaskan pihaknya tengah berusaha agar dana pengawasan ditambah.

"Namun, hal itu jangan terlalu dipikirkan, yang harus dipikirkan bagaimana caranya sumber daya kelautan dan perikanan milik kita bisa dimanfaatkan untuk kesejahteraan nelayan, dan diminati untuk bangsa kita sendiri," pungkasnya.

Gimana nih pendapatmu dengan program dari menteri yang satu ini, Millens? (MG26)