Menteri ATR: Kalimantan Timur Ibu Kota Baru Indonesia

Menteri ATR: Kalimantan Timur Ibu Kota Baru Indonesia
Jokowi dan jajaran menteri saat meninjau calon ibu kota baru di Kalimantan Timur. (Antara)

Menteri ATR Sofyan Djalil menyebut ibu kota baru Indonesia akan berada di Provinsi Kalimantan Timur. Hanya saja, Sofyan belum memastikan di lokasi mana pastinya ibu kota baru tersebut.

Inibaru.id – Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR), Sofyan Djalil memastikan lokasi ibu kota baru Indonesia berada di Provinsi Kalimantan Timur. Hanya saja, Sofyan belum memastikan di wilayah atau kota mana lokasi persis dari ibu kota baru tersebut.

Laman Kompas, Kamis (22/8/2019) menulis, Sofyan nggak mau membocorkan lokasi sebelum benar-benar memastikan ada lahan yang tersedia. Satu hal yang pasti, jika studi dari tim untuk memilih ibu kota baru sudah menunjukkan hasil, pasti akan segera diumumkan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Kalau sudah diputuskan mana lokasinya, maka akan segera kami kunci,” ucapnya.

Sebelum ini, Presiden Jokowi memang sempat mengunjungi Kalimantan Timur, tepatnya pada Mei 2019 lalu. Saat itu, Jokowi mengunjungi kawasan Bukit Soeharto yang ada di Semboja, Kabupaten Kutai Kartanegara. Lokasi ini pun langsung digadang-gadang menjadi ibu kota baru Indonesia.

Kendati demikian, pemerintah nggak hanya membahas lokasi saja. Ada hal lain yang harus dipertimbangkan seperti dana untuk membangun ibu kota baru. Diperkirakan, luas ibu kota baru yang dibutuhkan sekitar 40.000 hektare dengan luas pusat pemerintahan sekitar 2.000 hektare. Dana yang dibutuhkan untuk membangun ibu kota baru, khususnya infrastruktur dasar kota dan kelengkapannya mencapai sekitar Rp446 triliun. Hm!

Sementara itu, Menteri Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Syafruddin menyebut sekitar 800 ribu aparatur sipil negara (ASN) akan dipindahkan ke ibu kota baru.

“ASN pusat sudah kita data. Kalau sudah ditetapkan dan dibuat, 800 ribu ASN akan pindah ke ibu kota baru,” ucap Syafruddin.

Syafruddin juga menyebut para ASN ini harus siap untuk dipindah, khususnya dari semua kementerian yang selama ini ada di Jakarta.

“Kalau kementerian dan lembaga pindah ke ibu kota baru, mau nggak mau para ASN harus ikut. Hanya saja, yang terkait dengan pelayanan publik mungkin nggak perlu pindah” ucap Syafruddin.

Kalau menurut Millens, wilayah Kalimantan Timur mana yang paling cocok untuk dijadikan ibu kota baru, nih? (IB09/E04)