Menstrual Cup, Alternatif Pengganti Pembalut yang Ramah Lingkungan

Selain tampon atau pembalut, kini ada alternatif baru yang bisa digunakan kaum hawa untuk menampung darah menstruasi, namanya menstrual cup. Sebelum mencobanya, simak ulasan berikut ini yuk.

<em>Menstrual Cup</em>, Alternatif Pengganti Pembalut yang Ramah Lingkungan
Ilustrasi menstrual cup. (Menstrualcupsite)

Inibaru.id – Selama menstruasi, perempuan biasanya mengandalkan pembalut berbahan kapas atau katun sebagai solusi menampung darah. Namun ada satu inovasi baru yang patut dicoba kaum perempuan selama menstruasi dan berita baiknya alat ini ramah lingkungan, Millens. Yap, menstrual cup.

Alat ini baru naik daun beberapa tahun belakangan setelah ramai diperbincangkan para influencer dan blogger perempuan seperti Andrea Gunawan dan Sascha Stevenson. Sejumlah selebgram juga kini mengaku sudah menggunakan alat mungil ini.

Menstrual cup adalah cawan silikon yang dapat menampung darah selama menstruasi. Cawan ini dimasukkan ke dalam vagina untuk menampung darah yang keluar. Jangan khawatir susah, menstrual cup dilengkapi dengan gagang mungil di ujungnya untuk memudahkanmu memasukkan dan mengeluarkannya.

Cara kerjanya sederhana, kok. Kamu tinggal memasang menstrual cup ke dalam vagina. Setiap 4 hingga 12 jam, kamu perlu membersihkannya agar menstrual cup yang kamu pakai tetap bersih.

Menstrual cup berukuran kecil sehingga lebih fleksibel. (Holisticcocoon)

Untuk membersihkannya kamu hanya perlu mengeluarkan menstrual cup, mengosongkan isinya, lalu bilas dengan air bersih sebelum dimasukkan kembali. Oh iya, agar lebih higienis kamu bisa membilas menstrual cup dengan air hangat dan antiseptik sebelum memakainya lagi.

Alat ini juga dinilai lebih ramah lingkungan karena dapat dipakai berulang kali. Selain itu, dengan menggunakan menstrual cup, kamu bakal lebih mengirit pengeluaran.

Fyi, rata-rata menstrual cup memiliki daya tampung sekitar 30 ml. Sementara, normalnya dalam sehari seorang perempuan mengeluarkan darah menstruasi sekitar 15-25 ml.

Beragam bentuk menstrual cup. (Safaris4change)

Karena terbuat dari silikon, menstrual cup fleksibel masuk ke dalam vagina. Jangan khawatir “tertelan” atau mengganjal, Millens. Jika dipakai dengan benar, kamu malah nggak bakal merasa sedang memakai menstrual cup, lo.

Kalau kamu pengin menjajal menstrual cup, pilihlah ukuran yang tepat sesuai dengan vaginamu. Ada beragam ukuran menstrual cup yang bisa kamu pilih. Jangan sampai terlalu besar atau malah terlalu kecil ya.

Nah, selamat mencoba! (IB10/E04)