Menonaktifkan Whatsapp untuk Sementara, Bisa Nggak Sih?

Menonaktifkan Whatsapp untuk Sementara, Bisa Nggak Sih?
Menonaktifkan Whatsapp untuk sementara. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Kadang kamu lelah dengan notifikasi Whatsapp tanpa henti dari grup atau teman-teman. Biar nggak lagi cemas dengan notifikasi-notifikasi itu, bisa kok kamu menonaktifkan Whatsapp untuk sementara. Begini cara-caranya.

Inibaru.id – Salah satu aplikasi ponsel yang paling banyak dipakai pengguna gawai Android adalah Whatsapp. Dengan aplikasi ini, kamu bisa berkirim pesan atau menelepon seseorang. Hanya, terkadang kamu jenuh dan nggak ingin diganggu oleh notifikasi Whatsapp. Lantas, apakah bisa menonaktifkan Whatsapp untuk sementara?

Ada banyak alasan mengapa kita ingin menonaktifkan Whatsapp sementara. Sebagai contoh, jika kamu mendapatkan ratusan atau ribuan pesan Whatsapp dari grup, tentu akan merasa sangat terganggu. Apalagi, Whatsapp nggak punya opsi Sign Out layaknya media sosial pada umumnya.

Nah, untungnya ada lo cara agar kamu bisa menonaktifkan Whatsapp untuk sementara. Setidaknya biar kamu bisa beristirahat dan nggak lagi cemas. Berikut adalah cara-caranya.

Hentikan Paksa Aplikasi Whatsapp

Kalau kamu sudah benar-benar jengah dengan notifikasi Whatsapp, coba deh berhentikan paksa aplikasi ini. Caranya mudah kok. Kamu tinggal masuk ke bagian Pengaturan atau Setting. Setelah itu, masuklah ke bagian aplikasi.

Setelah itu, langsung cari aplikasi Whatsapp dan ketuklah begitu ketemu. Kamu akan melihat dua pilihan, yakni Hapus Instalan dan Berhenti Paksa. Nah, kamu tinggal memilih yang Berhenti Paksa. Hal ini akan membuat Whatsappmu nonaktif untuk sementara.

Sayangnya, trik ini baru bisa dilakukan untuk ponsel berbasis Android. Belum jelas bagaimana cara untuk menghentikan paksa aplikasi Whatsapp di iPhone.

Menonaktifkan Whatsapp untuk sementara demi kesehatan mental. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Menonaktifkan Whatsapp untuk sementara demi kesehatan mental. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Uninstall Saja Aplikasi Whatsapp

Banyak orang yang khawatir kalau dengan meng-uninstall Whatsapp, maka akun Whatsapp-nya akan hilang. Padahal, hal ini nggak bakal terjadi kok. Kamu hanya akan menghapusnya untuk sementara saja. Nantinya, kamu bisa meng-installnya kembali dan mendapatkan akun yang sama.

Meski begitu, kalau kamu punya banyak pesan penting, cobalah untuk mencadangkannya atau menyimpannya terlebih dahulu. Setelahnya, baru deh kamu bisa meng-uninstall-nya.

Caranya mudah kok, kamu tinggal menahan ikon Whatsapp. Setelahnya, akan keluar opsi Uninstall. Pilihlah opsi ini dan Whatsappmu akan nonaktif untuk sementara.

Nah, kalau kamu sudah tenang dan ingin balik mainan Whatsapp, tinggal unduh lagi di Playstore. Setelahnya, kamu tinggal meminta kembali akun Anda saat memasang aplikasi ini kembali.

Mematikan Notifikasi Whatsapp

Kalau hanya malas dengan notifikasi Whatsapp, kamu tinggal mematikannya saja untuk sementara, Millens. Intinya sih biar kamu nggak terganggu dulu untuk sementara. Caranya mudah kok, kamu tinggal masuk ke titik tiga vertikal yang ada di kanan atas layar saat membuka Whatsapp. Setelahnya, masuk ke bagian notifikasi.

Setelahnya, masuk ke bagian Personal and Group, lalu pilih Notifikasi Pop Pup. Matikan opsi ini sehingga kamu nggak akan lagi melihat notifikasi keluar.

Cara lain juga bisa dilakukan, yakni dengan mematikan penggunaan Data Latar Belakang. Cara ini baru bisa dilakukan pada bagian Pengaturan atau Setting, tepatnya setelah kamu masuk ke bagian Aplikasi dan menemukan Whatsapp.

Kamu tinggal masuk ke bagian Data Seluler dan mematikan izin penggunaan data layar belakang. Jadi, sudah tahu kan Millens cara menonatifkan Whatsaap untuk sementara? (Cnn/IB09/E05)