Menkes Sebut Ada 3.500 Dokter Cadangan yang Siap Diterjunkan

Menkes Sebut Ada 3.500 Dokter Cadangan yang Siap Diterjunkan
Menteri Kesehatan RI. (BBC)

Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto menyebut ada 3.500 dokter cadangan yang siap diterjunkan. Selain itu dia juga mengklaim ruang isolasi dan ICU di Indonesia masih cukup untuk menampung pasien Covid-19.

Inibaru.id – Pemerintah menyebut jumlah tenaga kesehatan dan rumah sakit masih mampu menangani pasien Covid-19 di Indonesia. Menteri Kesehatan Terawan Agus  Putranto menegaskan bahwa para tenaga kesehatan yang terdiri atas dokter dan perawat telah tersebar selama masa pandemi terjadi di Tanah Air.

Terawan mengungkapkan ada sebanyak 16.286 tenaga kesehatan yag tersebar di rumah sakit Covid-19.

“Yang sudah ditempatkan ada sebanyak 16.286 orang tersebar di rumah sakit Covid-19 dan laboratorium sarana kesehatan untuk melayani terkait Covid-19,” ungkapnya pada Senin (14/9).

Ilustrasi: Tenaga kesehatan. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)
Ilustrasi: Tenaga kesehatan. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Di luar jumlah itu, Terawan mengatakan masih ada sejumlah tenaga kesehatan yang disiapkan. Sebanyak 3.500 dokter hingga 685 sukarelawan dan 800 tenaga Nusantara Sehat siap dipanggil jika suatu saat benar-benar dibutuhkan.

Selain itu, Terawan juga menegaskan bahwa kapasitas ruang isolasi maupun ICU di Indonesia masih cukup untuk menampung pasien  Covid-19.

“Termasuk di dalamnya ada dokter spesialis paru, anastesi, penyakit dalam, dan juga tenaga kesehatan lain seperti perawat, dokter umum, dan sebagainya, yang siap di deploy-kan. Dan siap membantu bila ada penambahan tenaga yang dibutuhkan” papar Terawan.

Namun begitu, Terawan meminta masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan agar tingkat penularan dapat ditekan dan mengurangi beban para tenaga medis.

Ilustrasi: Tenaga kesehatan di depan ICU. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)
Ilustrasi: Tenaga kesehatan di depan ICU. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

“Kami mohon untuk selalu patuh protokol kesehatan. Mohon partisipasi semua pihak, terutama level kelurahan, desa, RT/RW untuk jaga kedisiplinan protokol kesehatan. Pakai masker, jaga jarak, dan rajin cuci tangan,” tegasnya.

Beberapa waktu belakangan, kasus positif Covid-19 di Indonesia terus meningkat. Hingga saat ini, kasus corona di Tanah Air sudah mencapai angka 222 ribu. Meski banyak yang dinyatakan sembuh, banyak pula yang dinyatakan meninggal dunia, nggak terkecuali para tenaga kesehatan.

Semoga kondisi ini cepat membaik ya, Millens! (Viv/IB27/E03)