Supaya Tetap Lembap, Begini Cara Menjaga Kulit Saat Berada di Ruangan Ber-AC

Supaya Tetap Lembap, Begini Cara Menjaga Kulit Saat Berada di Ruangan Ber-AC
Tips menjaga kelembapan kulit saat berada di ruangan ber-AC. (Dove)

Berada di ruangan ber-AC selama berjam-jam nggak baik untuk kesehatan kulit karena dapat menyebabkan kulit kering. Biar kulitmu tetap lembap meski di ruang ber-AC, coba lakukan hal-hal ini.

Inibaru.id Air conditioner (AC) atau pendingin ruangan memang membuat ruangan jadi sejuk. Namun, berlama-lama di ruangan berpendingin nggak baik untuk kesehatan. Salah satu risiko yang mesti ditanggung orang-orang yang berasa di ruangan berpendingin yakni kulit kering.

Kondisi kulit yang kering disebabkan ruangan ber-AC memiliki tingkat kelembapan yang rendah sehingga mengakibatkan proses penguapan air melalui kulit semakin besar. Dilansir dari laman Fimela (24/2/2019), berikut tips terhindar dari dehidrasi kulit karena terlalu lama berada di ruangan berpendingin.

Gunakan Produk Pelembap yang Tepat

Sebelum berada di ruangan ber-AC selama berjam-jam, kamu perlu mempersiapkan kulit dalam kondisi maksimal. Sebagai langkah awal, kamu bisa menggunakan pelembap terlebih dahulu untuk menghindari dehidrasi kulit. Pilihlah pelembap yang sesuai dengan jenis kulitmu.

Bagi pemilik kulit normal, gunakanlah pelembap yang kandungannya berbahan dasar air yang nggak menimbulkan minyak di kulit. Untuk kamu pemilik kulit sensitif, sebaiknya hindari produk pelembap dengan kandungan pewangi, asam, serta pewarna untuk mencegah kulit dari iritasi.

Sementara itu, untuk kamu yang memiliki kulit berminyak, gunakanlah pelembap yang nggak menyumbat pori-pori. Nah, kulit kering hanya membutuhkan produk pelembap dengan tekstur krim atau balm yang nggak memiliki kandungan alkohol yang bersifat menyerap air.

Semprotkan Face Mist

Produk face mist bisa membantumu menjaga kelembapan kulit. Nggak mesti produk mahal, yang penting face mist itu memiliki fungsi yang sama. Selain menjaga kelembapan kulit, produk ini juga tergolong ampuh dalam menjaga mekap di wajahmu.

Memakai Lip Balm

Nggak hanya muka, bibir juga bisa mengalami dehidrasi bila terlalu lama di ruang berpendingin. Mulailah untuk mengaplikasikan lip balm saat bibir terasa kering secara rutin. Eits, sebelum menggunakannya, perhatikan kandungan yang ada dalam produk lip balm tersebut, ya. Pilihlah produk lip balm yang mengandung beeswax atau petroleum jelly karena bahan tersebut mampu membantu melapisi kulit dengan pelindung air sehingga bisa melembapkan bibir dengan baik.

Perbanyak Konsumsi Air Putih

Selain upaya untuk melembapkan kulit luar, kamu juga mesti menutrisi tubuhmu dengan memperbanyak minum air mineral. Di ruang yang berpendingin, penguapan air melalui kulit semakin meningkat. Dengan meminum air mineral, kulitmu bisa terhidrasi.

Nah, jangan biarkan kulitmu kering saat berada di ruangan berpendingin ya, Millens. (IB24/E04)