Terkait Kasus Nunung, Benarkah Narkoba Bisa Menambah Stamina?

Nunung berdalih kalau sabu yang digunakannya untuk menambah stamina. Benarkah narkoba dapat menambah stamina?

Terkait Kasus Nunung, Benarkah Narkoba Bisa Menambah Stamina?
Nunung mengaku menggunakan narkoba untuk menambah stamina. (Media Indonesia/Susanto)

Inibaru.id - Nunung Srimulat pada Jumat (19/7) malam, ditangkap oleh Direkorat Narkoba Polda Metro Jaya terkait penggunaan narkoba. Seperti dilansir dari laman Kompas, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan Nunung menggunakan sabu untuk meningkatkan stamina. Dari informasi yang dilansir dari Kompas, Jumat (19/7) Nunung mangakui memakai sabu lima bulan lalu.

Nunung bukanlah orang pertama dari kalangan komedian terutama yang ditangkap karena menggunakan narkoba. Dalihnya pun hampir sama, yakni untuk menambah stamina. Nah, sebetulnya, apakah benar narkoba bisa menambah stamina.

Menurut laman KlikDokter. Narkoba dibagi menjadi tiga jenis, yaitu stimulan, depresan, dan halusinogen.

Stimulan membuat tubuh menjadi lebih bersemangat dan nggak mudah lelah. Beberapa jenis narkoba yang tergolong stimulant antara lain kokain, sabu-sabu, dan ektasi.

Sementara kalau depresan, memberikan efek kepada tubuh agar lebih tenang dan mengantuk. Beberapa jenis narkoba yang termasuk dalam kelompok ini adalah morfin dan opium.

Lalu untuk halusinogen memiliki dampak mengacaukan persepsi pada otak, sehingga membuat pemakainya berhalusinasi. Narkoba yang tergolong ke dalam halusinogen adalah jeins ganja dan LSD.

Banyak orang menggunakan narkoba jenis stimulan agar tubuh nggak gampang capek dan mengantuk. Padahal dampak yang ditimbulkan hanya bersifat sementara. Setelahnya tubuh justru akan menjadi sangat kelelahan karena kurangnya istirahat.

Selain itu, stimulan dapat merangsang jantung untuk berdetak lebih kencang dan kuat. Imbasnya, jantung akan lebih cepat lelah dan hal yang paling buruk juga akan membuat kerusakan jantung. Selain jantung organ lain yang kena dampaknya adalah seperti otak, hati, paru-paru, dan ginjal.

Cara untuk Menambah Stamina yang Lebih Aman

Kalau kamu ingin menambah stamina kamu nggak perlu pakai narkoba kok. Cukup dengan makanan bergizi, minum air yang cukup, olahraga teratur dan istirahat cukup. Dengan demikian nggak hanya stamina, daya tahan tubuhmu juga akan meningkat.

Kalau kamu pakai narkoba, mungkin kamu bisa mendapatkan stmina yang lebih dengan cara instan. Namun efeknya akan menimbulkan kerusakan pada organ-organ penting tubuhmu.

Sedangkan kalau kamu menggunakan cara yang lebih alami dan benar seperti mengatur pola makan, olahraga dan istirahat cukup, nggak hanya stamina saja yang bertambah tapi juga kesehatan jangka panjang yang terjamin, Millens. Hayo, pilih yang mana? (IB28/E05)