Kematian Cecep Reza Ingatkan Kita Bahaya Serangan Jantung pada Usia Muda

Kematian Cecep Reza Ingatkan Kita Bahaya Serangan Jantung pada Usia Muda
Cecep Reza (Instagram.com/cecepreza_)

Cecep Reza meninggal di usia yang sangat muda, yakni 31 tahun. Cecep diduga meninggal karena serangan jantung saat tidur malam.

Inibaru.id – Meninggalnya aktor yang dikenal sebagai pemeran Bombom di sinetron Bidadari, Cecep Reza karena serangan jantung mengejutkan banyak pihak. Bagaimana tidak, usia Cecep masih sangat muda, yakni 31 tahun.

Melansir Detik, Rabu (20/11/2019), adik Cecep, Rizky, menyebut kakaknya meninggal saat tertidur. Hal ini menguatkan dugaan bahwa Cecep meninggal karena serangan jantung.

Kisah kematian Cecep ini mungkin menjadi penguat bahwa serangan jantung memang nggak hanya bakal dialami lansia. Pakar kesehatan bidang jantung dr Ayuthia Putri Sedyawan Sp JP membenarkan hal tersebut. Kenyataannya, penyakit ini bisa menyerang mereka yang berusia muda tanpa ada tanda-tanda sebelumnya.

"Orang yang nggak punya riwayat keluarga dengan masalah jantung juga bisa terkena penyakit ini," kata dia.

Menyerang saat Tidur

Sebagaimana dialami Cecep, serangan jantung memang bisa menyerang saat tidur. Dr Dafash Juzar Sp JP (K) dari Rumah Sakit Pusat Jantung Nasional Harapan Kita mengatakan, serangan jantung terjadi saat aliran darah menuju jantung tersumbat.

Aliran yang tersumbat membuat otot jantung kekurangan suplai oksigen sehingga mengalami kematian sel. Hal inilah yang kemudian membuat jantung berhenti berdenyut.

Mertua Cecep, Tuti Herawati menuturkan, menantunya mengalami masalah kelebihan berat badan. Hal ini ditengarai menjadi salah satu faktor yang membuatnya terkena serangan jantung.

“Selama ini dia berusaha untuk diet karena overweight. Berkali-kali bilang ingin kurus tapi belum berhasil,” kenang Tuti.

Pastikan untuk menjaga gaya hidup sehat, menjaga berat badan, dan mengurangi merokok demi mencegah datangnya serangan jantung, ya Millens! (IB09/E03)