Menilik Perjuangan Iqbaal Perankan Minke dalam Bumi Manusia

Menilik Perjuangan Iqbaal Perankan Minke dalam <em>Bumi Manusia</em>
Iqbaal Ramadhan. (Youtube/ Iqbaal Ramadhan)

Iqbaal Ramadhan dituntut fasih berbahasa Belanda untuk memerankan tokoh Minke dalam film Bumi Manusia. Dirinya mengaku terus belajar dan mengulang-ngulang dialognya hingga terbawa mimpi dan mengigau dengan bahasa Belanda.

Inibaru.id – Film Bumi Manusia telah diputar perdana di Surabaya, Jawa Timur pada Kamis (9/8/2019). Film yang diadaptasi dari novel dengan judul sama karya Pramoedya Ananta Toer ini dibintangi sejumlah artis Tanah Air, salah satunya Iqbaal Ramadhan.

Menurut Iqbaal, memerankan tokoh Minke bukanlah hal yang mudah. Mantan personel Coboy Junior itu dituntut untuk fasih berbahasa Belanda. Hal ini disampaikannya dalam jumpa pers yang dilaksanakan di Hotel Majapahit, Surabaya.

“Sama kayak Mama (Ine Febriyanti) sekali nggak ada basic. Tapi ada yang ajarin bahasa Belanda,” ujarnya Jumat (9/8) malam.

Dalam film Bumi Manusia ini, sutradara Hanung Bramantyo mendapuk salah seorang aktris asal Belanda untuk mengajarkan bahasa Belanda ke para pemain. Aktris tersebut juga ambil bagian dalam film.

Selain itu, Iqbaal juga harus sering mengucapkan kalimat-kalimat yang menjadi dialog dalam film tersebut supaya fasih.

“Dikasih voice note dari pengajar untuk belajar pelafalan. Saya ulang-ulang terus sampai kebawa mimpi dan ngingau juga pake bahasa Belanda,” terangnya seperti ditulis laman Kompas, Sabtu (10/8).

Dalam screening di XXI Surabaya Town Square, pelafalan bahasa Belanda Iqbaal dinilai bagus.

“Alhamdulillah dibilang bagus, nggak nyangka banget, soalnya agak belibet ngomongnya.”

Selain Iqbaal, film besutan Hanung Bramantyo ini juga diperankan Sha Ine Febriyanti dan Mawar Eva de Jongh. Film Bumi Manusia dijadwalkan tayang di bioskop pada 15 Agustus mendatang. Bagi sobat Millens yang sudah menunggu lama, catat tanggalnya dan jangan sampai terlewat ya! (IB18/E04)