Menikmati Keindahan Bukit Teletubbies di Gunung Kidul

Menikmati Keindahan Bukit Teletubbies di Gunung Kidul
Bukit Teletubbies di Kecamatan Paliyan, Gunung Kidul, Yogyakarta. (Twitter.com/ari_sup)

Baru-baru ini bukit di Gunung Kidul, Yogyakarta viral karena dinilai mirip dengan bukit yang ada di serial Teletubbies. Bekas kawasan hutan jati itu terkuak keindahannya setelah berganti menjadi kawasan tanam pohon jagung.

Inibaru.id - Belakangan ini media sosial dihebohkan dengan tempat wisata baru di Gunung Kidul, Yogyakarta. Bukit karst yang ada di kawasan hutan Dusun Candi, Desa Giring, Kecamatan Paliyan dianggap mirip dengan bukit dalam serial Teletubbies. Kini, ratusan warga berdatangan setiap harinya untuk menikmati keindahan bukit yang ditanami jagung ini.

Kompas.com, Rabu (9/1/2018) menulis, puluhan kendaraan wisatawan terlihat berjejeran di pinggir jalan yang ada di kawasan tersebut. Kebanyakan wisatawan adalah anak muda yang ingin mengambil foto dengan latar belakang bukit yang kondang disebut Bukit Teletubbies ini. Bahkan, banyak di antara pengunjung yang membawa action cam, kamera profesional, dan drone. Selain itu, ada sebagian pengunjung yang naik ke puncak bukit demi mendapatkan pemandangan yang lebih indah.

“Sudah sekitar satu bulan kawasan ini ramai dikunjungi wisatawan. Setiap harinya bisa ratusan orang datang. Bahkan, kalau akhir pekan bisa sampai ribuan,” ucap Gendut, warga sekitar.

Konon, kawasan ini adalah hutan jati milik Dinas Kehutanan Daerah Istimewa Yogyakarta. Namun, beberapa bulan lalu, pohon jati yang ada habis dipanen. Kemudian, lahan bekas jati itu ditanami dengan jagung. Sejak saat itulah keindahan bukit terungkap.

“Lokasi ini sekarang gundul dan tertutup jagung, tapi ke depannya akan kembali ditanami jati berjenis Jati Unggul Nusantara (JUN). Luasnya sekitar 120 Hektar,” terang Kepala Resort Polisi Hutan (KRPH) Desa Giring Samido.

Karena banyak pengunjung yang datang, Samido pun berharap wisatawan menjaga tanaman dan kebersihan lingkungan.

Bisa Bertahan Lama?

Sementara itu, Bupati Gunung Kidul, Badingah menyebut keindahan bukit ini akan bertahan dalam waktu yang lama, apalagi jika tanaman jagung ini nanti mulai berbunga.

“Kalau jagungnya sudah dipanen, nanti tanaman JUN yang menggantinya. Pohon jati ini sangat cepat sekali tumbuhnya. Kalau sudah besar bukit ini pasti jadi semakin indah,” ucapnya.

Selain Bukit Telettubies yang sedang booming di Instagram ini, kamu juga bisa menemukan tempat wisata lain di kawasan sekitar bukit. Wisata lain yang bisa kamu kunjungi seperti Gunung Bagus, Kali Goang, dan makam Ki Ageng Giring.

Kalau pengin berkunjung ke sana, jangan sampai nyasar ya. Lokasi bukit ini ada di jalan alternatif menuju ke Pantai Baron, nggak jauh dari Simpang Tiga Desa Giring, Kecamatan Paliyan, Gunung Kidul. (IB09/E04)