Menikmati Infrastruktur Berkelok Nan Elok

Jalur berkelok tajam dipangkas dengan jembatan layang melengkung di atas bukit, menjadikannya sebagai salah satu spot wisata infrastruktur paling menarik di Indonesia.

Menikmati Infrastruktur Berkelok Nan Elok
Jembatan atau jalan layang Kelok Sembilan menjadi spot wisata menarik bagi pengendara yang kebetulan melintas dari Pekanbaru menuju Sumatra Barat. (Edunews.id)

Inibaru.id – Tak hanya laut dan pegunungan, sejumlah infrastruktur di Indonesia ternyata juga menyajikan keindahan yang teramat sayang untuk dilewatkan. Misalnya, jalan layang di Sumatra yang biasa disebut Kelok Sembilan.

Jika melakukan perjalanan darat dari Pekanbaru ke Bukittinggi atau Sumatra Barat, besar kemungkinan Anda akan berjumpa dengan jalan layang ini. Pemandangan di sana sungguh elok. Mampirlah sejenak untuk menikmati wisata infrastruktur yang merupakan keindahan ciptaan manusia tersebut.

Baca juga:
Tenun Sumba Menginspirasi Karya Terbaru Biyan Wanaatmadja
Google Sajikan Peta yang Lebih Bersih dan Cerah

Dilansir dari Detik, Kamis (16/11/2017), kendati hari sudah menjelang tengah malam, Kelok Sembilan tetaplah ramai lalu lalang kendaraan. Tak sedikit yang singgah di sana barang satu atau dua jenak. Pedagang kaki lima pun banyak yang menjajakan penganan.

Pedagang boleh berjualan di badan jalan yang dibangun di atas tebing, tapi tidak di jalan layang yang disangga tiang-tiang tinggi menjulang. Para pengunjung, baik yang sengaja datang atau kebetulan melintas jalur alternatif itu, biasanya memilih menikmati pemandangan sembari nongkrong di warung yang banyak berdiri di tepi jalan.

Pada malam hari, kerlap-kerlip kendaraan yang menyusuri Kelok Sembilan akan terlihat dari kejauhan. Anda bisa menyaksikannya sembari menyeruput kopi atau memesan Jagung Manis, semacam jagung bakar yang dibakar di atas bara batok kelapa.

Namun, pemandangan paling menakjubkan sebenarnya justru tersaji saat pagi atau sore hari. Bagi nubie, Anda pasti akan dibuat takjub dengan desainnya. Jalan layang dengan tiang-tiang penopang yang tinggi menjulang, berdiri di atas jalur yang berkelok-kelok tajam. Sungguh menawan!

Konon, jauh sebelum ada jalan layang, sembilan kelokan tajam yang menjadi jalur alternatif di Sumbar itu terkenal berbahaya. Jalur itu hingga kini masih bisa dilalui. Namun, ada pula jalan layang yang lebih mudah dilalui.

Baca juga:
Tampil Maksimal Ala GIGI
Pesona Kevin Lilliana Hingga Dinobatkan Sebagai Miss International 2017

Kelok Sembilan terletak di celah dua bukit terjal di Kabupaten Lima Puluh Koto. Di tengah dua bukit itu atau di bawah Kelok Sembilan, ada sungai yang mengalir dari mata air di perbukitan. Nah, pinggiran sungai yang telah ditata itu juga menjadi spot menarik untuk menikmati Kelok Sembilan.

Spot lain yang juga menarik di tentu saja adalah puncak jalan layang Kelok Sembilan. Dari sana, Anda bisa menyaksikan “mobil-mobilan” yang merayap pelan menyusuri jalan berkelok. Namun, perlu diingat, untuk menjangkaunya, Anda harus memarkir kendaraan di luar jalan layang. (GIL/IP)