Menhan Gandeng Kemendikbud Siapkan Siswa Jadi Perwira Cadangan
Prabowo Subianto. (Bisnisjakarta)

Menhan Gandeng Kemendikbud Siapkan Siswa Jadi Perwira Cadangan

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengaku ingin bekerja sama dengan Kemendikbud untuk membentuk komponen cadangan militer yang berasal dari kalangan pelajar dan mahasiswa.

Inibaru.id - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengaku ingin bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, dan Perguruan Tinggi (Kemendikbud) dalam hal menyiapkan komponen cadangan pertahanan Indonesia.

Tempo, Senin (11/11/2019) menulis, Prabowo menyebut hal ini ditujukan untuk menyiapkan komponen cadangan pertahanan dari luar militer.

“Akan banyak peran dari kementerian dan lembaga di luar pertahanan, sebagai contoh kita harus kerja sama dengan Kementerian Pendidikan untuk menyusun komponen cadangan,” ucap Prabowo saat melakukan rapat kerja dengan Komisi 1 DPR-RI pada Senin (11/11) kemarin.

Prabowo menyebut pertahanan militer fisik bisa dibagi menjadi dua komponen. Keduanya meliputi komponen utama berupa Tentara Nasional Indonesia, serta komponen cadangan yang bisa berasal dari dunia pendidikan atau latihan perwira cadangan.

“Kemudian juga latihan-latihan untuk komponen cadangan nanti akan banyak peran dari Kementerian Pendidikan di SMA bahkan sedini mungkin di SMP dan juga di perguruan tinggi,” lanjut Prabowo.

Bukan Wajib Militer

Prabowo menyebut ide ini bukanlah hal yang baru. Di negara-negara lain seperti di Amerika Serikat, praktiknya sudah berlangsung lama. Menurutnya, mayoritas perwira yang ada di AS berasal dari mahasiswa universitas yang ada di Negeri Paman Sam.

“Di AS sistem ini sudah berlaku. Perwira yang berasal dari akademi militer hanya 20 persen. Sementara itu, 80 persen justru adalah perwira cadangan yang berasal dari universitas,” ungkapnya.

Saat ditanya apakah sistem ini akan membuat Indonesia memiliki wajib militer, Prabowo membantahnya. Dia menyebut Indonesia tidak memiliki aturan untuk mewujudkan wajib militer.

“Saya kira dalam undang-undang kita tidak sampai di situ. Tapi lebih bersifat komponen cadangan. namti pada saatnya akan kita tampilkan,” jelasnya.

Millens setuju nggak dengan ide Prabowo terkait dengan komponen cadangan militer dari kalangan pelajar ini? (IB09/E06)