Mengulik Muasal Benih Lobster dan Komoditasnya di Indonesia

Mengulik Muasal Benih Lobster dan Komoditasnya di Indonesia
Bayi lobster ramai diperbincangkan setelah kasus Edhy Prabowo. (Medcom)

Benih lobster belakangan hangat dibahas banyak orang karena kasus korupsi Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo. Tapi ngomong-ngomong, dari mana saja sih, benih lobster itu berasal?

Inibaru.id - Benih lobster atau benur ramai diperbincangkan terkait kasus korupsi Menteri Kelautan dan Perikanan  Edhy Prabowo. Nah, sebetulnya bayi lobster itu berasal dari mana sih?

Lobster merupakan biota air yang termasuk dalam jenis hewan omnivora. Hewan ini memiliki bentuk seperti udang, hanya saja berukuran lebih besar dan memiliki capit.

Sumber Benih Lobster

Pakar Oseanografi Biologi dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Rianta Pratiwi dalam artikel berjudul "Lobster Komersial (Panulirus spp.)", yang dimuat dalam jurnal Oseana, Nomor 2, Tahun 2013 menyebut kalau lobster sangat melimpah di sepanjang pantai utara dan selatan Amerika.

Lobster juga mudah ditemukan di Afrika, Mediterranean, India, Australia, dan perairan Indo Pasifik termasuk Indonesia.

Rianti menjabarkan kalau mereka menyenangi daerah karang, bersembunyi di dalam lubang atau di balik batu karang yang airnya dangkal ataupun laut dalam melebihi 400 meter di daerah tropis, sub tropis, dan semi tropis.

Ada enam jenis lobster yang ditemukan di Indonesia dalam penjelasan Rianti, yaitu yaitu lobster batu (P. penicillatus), pasir (P.homarus), mutiara (P. ornatus), batik (P. femoristriga),bambu (P. versicolor), dan pakistan (P. polyphagus). Lobster-lobster ini menyebar di perairan Indonesia Barat hingga Indonesia Timur.

Secara umum benih lobster bisa berasal dari perairan Aceh, Sumatera Barat, Pantai Selatan Jawa, perairan Sulawesi Selatan, perairan Sulawesi Utara, perairan Maluku, dan Nusa Tenggara.

Di Indonesia salah satu jenis lobster yang biasa ditemukan adalah udang barong atau spiny lobster. Lobster ini bahkan memiliki permintaan pasar yang laris hingga diekspor ke berbagai negara, seperti Hongkong, Taiwan, Singapura, Jepang, dan Tiongkok.

Harga benih lobster bervariatif. (Antara/ Medcom)<br>
Harga benih lobster bervariatif. (Antara/ Medcom)

Harga Benih Lobster

Harga benih lobster variatif, antara Rp 3.000 sampai Rp 5.000 di tingkat nelayan dan Rp 15.000 sampai Rp 20.000 di tingkat pengepul. Induk udang barong dapat menghasilkan 275.000 butir telur pada setiap musim pemijahan.

Sementara untuk benih lobster yang dipelihara dengan ukuran 20-40 gram bisa berkembang dan panen dalam waktu 4-6 bulan. Mereka akan mencapai ukuran 150-200 gram saat panen.

Ekspor Benih Lobster

Untuk ekspor sebenarnya Pemerintah barus saja merilis aturan. Hal itu tertuang dalam Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan RI Nomor 12 Tahun 2020 tentang Pengelolaan Lobster, Kepiting, dan Rajungan di Wilayah RI.

Aturan ekspor benih lobster tertuang di pasal 3 sampai 6. Isinya, eksportir harus melaksanakan kegiatan pembudidayaan lobster di dalam negeri dengan melibatkan masyarakat atau pembudidaya setempat berdasarkan rekomendasi direktorat jenderal yang menyelenggarakan.

Jadi itu ya, Millens, tentang benih lobster di Indonesia. (IB28/E05)