Mengulik Lebih Dalam Penyebab Penyakit Kanker Darah

Ani Yudhoyono tengah menjalani perawatan akibat penyakit kanker darah sejak 2 Februari lalu di Singapura. Sebenarnya, apa penyebab seseorang bisa terjangkit penyakit ini?

Mengulik Lebih Dalam Penyebab Penyakit Kanker Darah
Ani Yudhoyono tengah menjalani perawatan akibat penyakit kanker darah. (Instagram/Annisa Pohan)

Inibaru.id - Ani Yudhoyono sedang menjalani perawatan akibat sakit kanker darah di National Hospital University Singapura. Didampingi sang suami, eks Presiden ke-6 Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono, Ani menjalani perawatan sejak 2 Februari lalu.

Mengutip dari Hellosehat, kanker darah adalah kanker yang mempengaruhi produksi dan fungsi sel darah. Sel-sel kanker menggerogoti sumsum tulang yang memproduksi darah sehingga sel-sel darah nggak berfungsi secara normal.

Kanker darah bisa menyerang segala usia, jadi jangan kaget pula kalau kamu menemukan bahwa penyakit ini pun diderita oleh mereka yang masih muda.

Secara umum, kanker darah terbagi menjadi tiga jenis yakni leukimia, limfoma, dan myeloma. Hingga kini, penyebab ketiga jenis kanker darah ini belum diketahui, Millens. Namun, bukan berarti faktor yang meningkatkan risiko terkena kanker darah nggak bisa diketahui ya. Pada lansia, risiko terkena penyakit ini lebih tinggi.

Selain usia lanjut, faktor-faktor lain seperti kekebalan tubuh, radiasi, riwayat keluarga, dan kemoterapi juga bisa meningkatkan risiko seseorang terkena kanker darah. Duh, serem ya!

Kalau kamu merasakan perubahan seperti nafsu makan atau berat badan menurun, jangan buru-buru panik mendiagnosis diri sendiri ya. Kendati itu menjadi gejala umum, akan lebih baik kalau kamu menjalani pemeriksaan medis. Lewat pemeriksaan medis, dokter akan memeriksa apakah ada pembengkakan di kalenjer getah bening. Kalau sudah diketahui penyebabnya, barulah penanganan lebih lanjut dilakukan.

Nah, mulai sekarang, nggak ada salahnya mengubah pola hidup supaya lebih sehat. Dengan menjalani gaya hidup yang sehat, risiko terkena kanker darah bisa diminimalisasi. Jadi, yuk rutin olahraga dan penuhi kebutuhan gizimu! (IB15/E05)