Mengintip Tradisi Lebaran di Afrika

Mengintip Tradisi Lebaran di Afrika
Umat muslim di Afrika. (Guardian)

Nggak hanya di Indonesia, kemeriahan Lebaran juga dirasakan umat muslim di Afrika. Sejumlah tradisi yang ada menambah semaraknya Idulfitri di sana.

Inibaru.id – Idul Fitri merupakan hari kemenangan bagi umat muslim di seluruh dunia. Setelah satu bulan berpuasa menahan lapar, nafsu, dan dahaga akhirnya umat muslim kembali lagi menjadi pribadi yang bersih. Momen ini pun dirayakan dengan banyak cara.

Setiap daerah punya tradisi masing-masing dalam menyambut Lebaran. Bila masyarakat Indonesia menyambutnya dengan beribadah bersama dan bersilaturahmi ke sanak famili, umat Islam di Afrika juga sama.

Saat Idulfitri, muslim di Afrika yang tersebar di wilayah Afrika Barat, Afrika Timur, dan Afrika Utara akan pergi ke masjid untuk melaksanakan salat Id pada pagi hari. Setelah itu, barulah mereka berkumpul bersama keluarga untuk bermaaf-maafan dan menyantap makanan khas.

Sajian vermicelli. (Bigstockphotos)

Jika di Indonesia makanan khas saat lebaran adalah ketupat dan opor, muslim di Afrika biasa menyantap dan menghidangkan vermicelli seperti ditulis laman Detik (9/7/2015). Pasta tradisional itu mirip dengan sajian bihun lengkap dengan sayuran.

Nggak hanya makanan berat, deretan kue dan camilan pun disajikan di ruang tamu untuk menjamu siapa saja yang berkunjung. Kebanyakan camilan yang disajikan adalah makanan manis. Oh iya, nggak hanya disajikan di rumah, camilan itu juga kerap menjadi buah tangan saat berkunjung ke rumah kerabat dan saudara.

Busana lebaran perempuan muslim di Afrika. (Aaron Beyers)

Yap, Idulfitri merupakan momen yang tepat untuk saling mengunjungi dan bermaaf-maafan. Di Afrika, kebiasaan membawa buah tangan saat berkunjung pada momen Lebaran sekaligus menjadi media agar mereka lebih mudah saling memaafkan. Kebiasaan itu pun menjadi ajang bertukar hadiah.

Berbeda daerah, beda pula tradisi dan kebiasaannya. Namun, kehangatan yang terjalin di momen Lebaran tentu sama-sama menyenangkan ya, Millens! (IB10/E04)