Suvenir Pernikahan Harry-Markle Dijual dari Ratusan Ribu hingga Jutaan Rupiah

Menjelang pernikahan pangeran Harry dan Meghan Markle, pihak kerajaan, toko lokal, dan pedagang kaki lima bersaing menjual aneka pernak-pernik pernikahan keduanya. Apa saja suvenir yang dijajakan?

Suvenir Pernikahan Harry-Markle Dijual dari Ratusan Ribu hingga Jutaan Rupiah
Jelang pernikahan, pernak-pernik bertema Harry dan Meghan menjadi buruan warga lokal dan turis. (Dailymail.co.uk)

Inibaru.id – Jelang pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle yang akan diselenggarakan pada Sabtu (19/5/2018) besok, toko resmi pernak-pernik kerajaan Inggris mulai menjual puluhan jenis suvenir bertema kedua mempelai tersebut. Suvenir kerajaan yang dijual di Kastil Windsor itu bersaing secara harga dengan toko-toko lokal dan sejumlah pedagang kaki lima.

Kastil Windsor yang berada nggak jauh dari Kapel St. George tersebut menjual suvenir seperti piring dan cangkir dengan harga piring senilai 49 paun atau Rp 935 ribu dan cangkir senilai 195 paun setara dengan Rp 3,7 juta. Menurut staf toko, piring dan cangkir ini eksklusif karena hanya dibuat sebanyak 250 buah. Duh, lumayan mahal juga ya suvenirnya!

Jika toko resmi kerajaan Inggris itu menjual piring dan cangkir, toko-toko lokal menjual suvenir yang lebih variatif. Suvenir yang dijual di toko lokal meliputi tempelan kulkas, syal, topi kasti, sampanye, dekorasi natal, serbet, cangkir, dan gantungan kunci. Harga yang ditawarkan pun lebih murah ketimbang toko resmi kerajaan yakni berkisar antara 4-10 paun.

Cangkir dan piring menjadi salah satu barang yang banyak diproduksi. (Andrew Parsons)

Swalayan Marks & Spencer, salah satu swalayan terbesar di Inggris, juga turut meluncurkan kotak biskuit bertema keluarga kerajaan. Kantor Pos Inggris bahkan meluncurkan satu set khusus perangko yang menunjukkan potret pertunangan Harry bersama bintang serial Suits tersebut. Selain perangko, kantor pos juga mengeluarkan koin khusus yang dijual seharga 5 paun.

Dailymail.co.uk, Kamis (17/5), menulis seorang turis asal Amerika Serikat Mary Johnston mengaku antusias menyambut pernikahan pewaris keenam tahta kerajaan Inggris tersebut. Daripada berbelanja di toko lokal, dia memilih membeli suvenir di toko resmi dengan alasan keeksklusifan. Menurut Johnston, sudah sewajarnya kerajaan Inggris ikut menjual pernak-pernik bertema Harry dan Meghan mengingat pernikahan adalah momen yang besar.

“Selama (pernikahan Harry dan Meghan) masih bisa dikomersilkan, mereka akan melakukannya. Sebenarnya ini tidak terlalu berbeda dengan yang terjadi di Amerika Serikat,” ujar Johnston.

Bagi kamu yang pengin memiliki suvenir itu, nggak perlu jauh-jauh terbang ke Inggris kok. Pihak kerajaan menyediakan jasa pembelian daring melalui laman resmi toko pernak-pernik mereka yakni www.royalcollectionshop.co.uk. Namun, sepertinya kamu harus berpikir ulang nih, Millens, sebab selain harganya yang lumayan mahal, kamu juga harus berurusan dengan bea cukai agar suvenir itu bisa sampai di tanganmu. (IB15/E04)