Mengintip Makna di Balik Tepuk Pramuka
Ilustrasi peserta sedang tepuk Pramuka. (Soearamoeria)

Mengintip Makna di Balik Tepuk Pramuka

Meski bukan anggota Pramuka, tentu kamu sudah familiar dengan tepuk Pramuka. Selain membuat peserta kembali bersemangat, tepuk yang berisi 13 tepukan di dalammya ini memiliki makna tertentu. Apa saja?

Inibaru.id – Salam Pramuka dan Selamat Hari Pramuka, Millens! Kamu yang ikut Pramuka tentunya sudah nggak asing lagi dong dengan tepuk Pramuka. Yap, tepuk ini sering kali diaba-abakan pembina Pramuka.

Selain mengembalikan semangat peserta Pramuka, tepuk Pramuka ini memiliki makna tersembunyi, lo. Jika dijumlah, tepuk Pramuka terdiri atas 13 kali tepukan. Angka 13 ini melambangkan janji setia dalam Pramuka yakni Dasadharma (untuk angka 10) dan Trisatya (untuk angka 3).

Fyi, Trisatya merupakan sumpah yang diucapkan peserta Pramuka seluruh tingkat, baik tingkat Siaga, Penggalang, Penegak maupun Pandega. Sementara itu, Dasadharma adalah pedoman bagi anggota pramuka dalam berperilaku sehari hari.

Tri Satya

Tri Satya Demi kehormatanku aku berjanji akan bersungguh-sungguh :

  1. Menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan dan Negara Kesatuaan Republik Indonesia.
  2. Menolong sesama hidup dan mempersiapkan diri membangun masyarakat.
  3. menepati Dasa Dharma.  

Dasa Dharma

  1. Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia
  3. Patriot yang sopan dan kesatria
  4. Patuh dan suka bermusyawarah
  5. Rela menolong dan tabah
  6. Rajin, terampil dan gembira
  7. Hemat, cermat dan bersahaja
  8. Disiplin, berani dan setia
  9. Bertanggung jawab dan dapat dipercaya
  10. Suci dalam pikiran perkataan dan perbuatan

Selain itu, tepuk Pramuka juga memiliki manfaat yang baik. Tepuk tangan bisa membantu kecerdasan, meningkatkan kekebalan tubuh, memperbaiki sirkulasi darah, dan mengurangi stres.

Nah, inilah yang membuat tepuk Pramuka biasa dilakukan saat kegiatan Pramuka supaya peserta tetap sehat dan semangat. Tepuk Pramuka, prok prok prok prok prok prok prok prok prok prok prok prok prok. (IB18/E04)