Mengintip Konsep Nagara Rimba Nusa Pemenang Sayembara Desain Ibukota Baru

Mengintip Konsep Nagara Rimba Nusa Pemenang Sayembara Desain Ibukota Baru
Salah satu desain bangunan ibukota baru Indonesia. (Instagram/kemenpupr)

Desain berjudul Nagara Rimba Nusa menjadi pemenang Sayembara desain Ibukota Baru. Konsep ini mengusung konsep bangunan yang ramah lingkungan dan mendukung smart city. Yuk simak konsep lengkapnya!

Inibaru.id - Sayembara konsep desain ibukota negara baru telah diumumkan dan ditentukan pemenangnya. Dalam kompetisi tersebut konsep yang berjudul Nagara Rimba Nusa menjadi pemenangnya. Tim yang diketuai Sibarani Sofian itu telah mengeliminasi 257 proposal lain yang masuk.

Melansir Good News from Indonesia, Kamis (26/12/19), konsep yang diangkat menampilkan ibukota yang ramah lingkungan namun tetap modern dan berbasis smart city. Keunggulan dalam desain ini menekankan pada identitas kebangsaan, sistem urban, keberfungsian, dan efisiensi lahan  yang baik.

Nagara Rimba Nusa sendiri menunjukkan identitas Indonesia. Nagara memiliki makna ibukota, rimba memiliki arti hutan tropis Indonesia, dan Nusa merupakan konsep dari ribuan pulau yang ada di negara berbendera Merah Putih ini. Rangkaian dari kata inilah menjadi tema desain ibukota baru ini.

Ahli masterplan tim pemenang pertama Arjuna Sinaga mengatakan, timnya membikin satu poros yang melambangkan pemerintahan. Poros mempresentasikan sebuah pemerintahan yang mengayomi rakyat. Tengah poros tersebut adalah Istana Presiden sebagai lambang eksekutif, dia merangkul bagian pemerintah lain yang ada di kanan berisi lembaga yudikatif dan kiri berisi lembaga legislatif.

Dalam mendesain ibukota baru, Tim Sofian menggunakan sebuah konsep yang dinamai biomimikri. Konsep yang mengadopsi strategi alam yang nanti akan diterapkan dalam mendirikan bangunan. Ini juga sebagai wujud kritik pembangunan kota yang kadangkala dibuat dengan mempertaruhkan kelestarian lingkungan.

Konsep desain tersebut disesuaikan dengan karakteristik hutan, serta nggak menghalangi aliran air dan angin lo. Seperti bangunan yang ada di lahan bekas perkebunan yang konturnya di atas 10 meter guna menghindari banjir.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menetapkan tiga desain pemenang utama Sayembara Gagasan Kawasan Ibukota Negara akan disesuaikan dan dikolaborasikan dengan kondisi yang ada di lapangan. Pemenang dalam komperisi ini nantinya nggak sekadar mendapat hadian, tapi juga akan diwacanakan terlibat dalam proyek pembangunan.

Daftar lengkap pemenang sayembara desai ibukota baru tersebut adalah Nagara Rimba Nusa sebagai juara 1, The Infinite City sebagai juara 2, Seribu Galur sebagai juara 3. Sementara Harapan 1 Zamrud Khatulistiwa dan Harapan 2 Banua Rakyat Nusantara.

Selamat bagi pemenang, semog ibukota baru bisa dibangun lebih maksimal ya, Millens(MG26/E06)