Lawan Pemanasan Global, Gadis 16 Tahun Ini Dinominasikan Raih Nobel Perdamaian

Gadis 16 tahun asal Swedia Greta Thunberg dinominasikan sebagai penerima penghargaan Nobel Perdamaian. Dia diajukan menerima nobel atas aksinya yang menginspirasi ratusan ribu siswa di seluruh dunia.

Lawan Pemanasan Global, Gadis 16 Tahun Ini Dinominasikan Raih Nobel Perdamaian
Greta Thunberg, nominator nobel perdamaian. (AFP/ Alex Heimken)

Inibaru.id – Gadis 16 tahun Greta Thunberg patut berbangga diri. Atas jerih payahnya dalam melawan pemanasan global, pelajar asal Swedia itu diajukan masuk nominasi Nobel Perdamaian. Tiga anggota parlemen Swedia sudah mengusulkan nama Greta sebelum batas waktu 31 Januari 2019. 

“Kami telah mengusulkan Greta Thunberg karena jika kami tidak melakukan apa pun untuk menghentikan perubahan iklim, itu akan menyebabkan perang, konflik, dan pengungsi. Greta Thunberg telah meluncurkan gerakan massa yang saya pandang sebagai kontribusi besar bagi perdamaian,” kata anggota parlemen Norwegian Freddy Andre Ovstegard, kepada AFP seperti ditulis Kompas.com, Jumat (15/3/2019).

Greta berhasil menginisiasi ratusan ribu siswa di seluruh dunia untuk membuat gerakan internasional memprotes lambannya penanganan krisis pemanasan global pada Jumat (15/3/2019). Aksi protes itu rencananya bakal digelar di hampir 1.700 kota di lebih dari 100 negara.

Menanggapi hal ini, Greta sangat bersyukur. Namun, dia nggak menyangka aksinya bisa diapresiasi sejauh ini.

“Jelas suatu kehormatan besar dan baik untuk dinominasikan dalam penghargaan sebesar itu. Rasanya tidak nyata dan sedikit aneh,” kata Greta kepada harian Swedia, Aftonbladet.

Dulu, Greta bukanlah pelajar yang terkenal sampai suatu saat dia berkemah di luar parlemen Swedia dengan menggunakan papan bertuliskan "School Strike for Climate". Sejak saat itu, namanya naik daun. Greta juga sukses meninspirasi remaja lainnya untuk mendesak orang dewasa agar segera menghentikan perubahan iklim. Kala itu, Greta masih berusia 15 tahun.

Kini, Greta tinggal menunggu pengumuman calon penerima Nobel Perdamaian pada 11 Oktober mendatang. Dia termasuk dalam jajaran 304 individu dan organisasi yang dinominasikan menerima Nobel Perdamaian tahun ini. Kendati begitu, daftar nominasi tersebut dirahasiakan selama 50 tahun terakhir.

Wah, hebat nih! Usia memang nggak menentukan sejauh apa seseorang bisa berbuat ya, seperti Greta ini. (IB24/E04)