Hari Pramuka, Apa yang Paling Kamu Kenang dari Gerakan Pramuka?

Hari Pramuka, Apa yang Paling Kamu Kenang dari Gerakan Pramuka?
Peringatan Hari Pramuka ke-53 di Lapangan Rappokalling, Makassar, 14 Agustus 2014. (Tempo.co/Fahmi Ali)

Tiap tahun, tepatnya pada 14 Agustus, kita memperingati Hari Pramuka. Zaman sekolah dulu, kegiatan pramuka selalu penuh drama. Ada suka, ada duka. Hm, apa yang kamu ingat dari gerakan itu?

Inibaru.id – Keberhasilan Lord Baden Powell membina kaum muda di Inggris yang terlibat dalam kekerasan dan tindak kejahatan di satu perkemahan di Brownsea membuat kepanduan berkembang di seluruh negeri, termasuk Indonesia. Inilah awal mula gerakan pramuka. Pada 14 Agustus 1961, pramuka pun resmi dikenalkan di Tanah Air.

 

Sejak saat itu, pramuka di negeri ini diperingati tiap 14 Agustus. Gerakan pramuka juga menjadi kegiatan "wajib" yang harus diikuti kita semasa sekolah. Hampir semua orang pernah menjadi bagian dari pramuka. Terpaksa atau tidak, gerakan yang dikenal dengan lambang tunas kelapa itu pun menjadi kenangan nggak terlupakan.

Salah satu kegiatan "menarik" dari gerakan pramuka. (klbfscout.blogspot.com)

Nah, dari beberapa hal ini, manakah yang paling kamu rindukan semasa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler ini?

  1. Kemah

Pramuka sangat identik dengan berkemah. Dari semua kegiatan pramuka, mungkin inilah yang paling kamu tunggu-tunggu. Berkemah memang seru! Selain menambah rasa kebersamaan, pramuka juga menumbuhkan kemandirian.

  1. Regu Pramuka

Regu atau kelompok menjadi bagian yang penting saat kegiatan pramuka. Momen memilih nama regu juga merupakan sesuatu yang seru. Biasanya kita memilih nama regu dengan pertimbangan visi kelompok, meski kadang juga dianggap sebagai yang paling melambangkan kelompok.

Regu pramuka laki-laki umumnya identik dengan binatang, sementara yang perempuan diambil dari nama bunga. Hm, kamu dulu masuk regu apa, Millens?

  1. SKU

Syarat-syarat Kecakapan Umum (SKU) merupakan pedoman bagi anggota pramuka untuk dapat naik tingkat, misal Siaga ke Penggalang, Penggalang ke Penegak, dan Penegak ke Pandega. Buku saku SKU punya warna berbeda tiap tingkatan. Siaga berwarna hijau, Penggalang berwarna merah, dan Penegak berwarna kuning.

  1. Tepuk Pramuka

Tepuk pramuka merupakan penyemangat yang sering dilakukan saat kegiatan pramuka. Ada banyak jenis tepuk pramuka dalam pramuka, di antaranya adalah tepuk pramuka, tepuk rapi, dan tepuk pancaindera.

  1. Semafor dan Morse

Pramuka selalu identik dengan semafor dan pelbagai macam sandi, termasuk di antaranya morse dan sandi rumput. Biasanya, saat melakukan kegiatan hiking, untuk melewati pos-pos, kita harus memecahkan kode sandi tertentu atau menerjemahkan gerakan semafor. Duh, ampun!

Man, Prmauka, Kids, Elementary School Children, A Scout

Pramuka yang mengajarkan banyak hal. (Pixabay.com/Jufri Derwotubun)

Hm, menurut kamu, kenangan apa yang paling melekat di ingatanmu kalau mendengar kata "pramuka"? Apapun itu, Selamat Hari Pramuka, Sobat Millens! Saatnya menepati Dasadarma Pramuka! (MG12/E03)