Mengenal William Wongso, Pakar Rendang yang Jadi Mentor Gordon Ramsay

Mengenal William Wongso, Pakar Rendang yang Jadi Mentor Gordon Ramsay
William Wongso belajar kuliner secara otodidak. (Ytimg)

Media sosial tengah dihebohkan dengan kedatangan Gordon Ramsay ke Indonesia. Koki asal Inggris ini ternyata pengin belajar memasak rendang di tempat asalnya, Sumatra Barat. Selama belajar memasak, Ramsay didampingi oleh William Wongso, lo. Hm, koki legendaris Indonesia ini ternyata punya sederet prestasi yang membanggakan. Yuk, kenalan dulu dengannya!

Inibaru.id – Koki kenamaan dari Inggris, Gordon Ramsay tengah viral di media sosial lantaran berkunjung ke Indonesia. Dia melakukannya untuk mengisi program televisi “Gordon Ramsay: Uncharted” di National Geographic. Ramsay belajar memasak makanan khas Sumatra Barat, yakni rendang. Proses belajarnya nggak main-main, lo. Lelaki 53 tahun ini dimentori langsung oleh William Wongso untuk mengolah salah satu makanan terlezat di dunia ini.

Bagi kamu yang nggak terlalu familiar dengan dunia kuliner, nama William Wongso mungkin terdengar asing. Namun jangan salah, William Wongso ternyata adalah pakar masakan Indonesia, lo.

Lelaki bernama lengkap William Wirjaatmadja Wongso ini lahir di Malang, 12 April 1947. Bicara tentang sepak terjangnya, William merupakan pendiri Aku Cinta Makanan Indonesia yang akunnya bisa kamu ikuti di Instagram. Sehari-hari, William bekerja sebagai konsultan sekaligus menjalankan bisnis kuliner.

Karena dedikasinya dalam memperkenalkan kuliner Indonesia ke luar negeri, William sampai mendapatkan penghargaan BNSP Competency Award dari Wakil Presiden Jusuf Kalla pada 2008 silam.

William Wongso saat mengajari Gordon Ramsay memasak rendang. (National Geographic)<br>
William Wongso saat mengajari Gordon Ramsay memasak rendang. (National Geographic)

Tekad William untuk melestarikan kuliner Indonesia dituangkan dalam buku tentang masakan Indonesia. Salah satu bukunya yang berjudul Flavours of Indonesia bahkan meraih penghargaan sebagai “Best Cookbook of the Year” pada 2017 di Yantai, Tiongkok. Pada 2018, William dinobatkan menjadi satu-satunya orang Indonesia yang mendapatkan Medali Kehormatan dari Academie du Pain Indonesia di Paris pada 2018. Ckck, hebat ya!

Penghargaan ini menjadikan William sebagai orang Indonesia pertama yang tergabung dalam Elite de la Boulangerie International. Klub ini terdiri atas para pembuat roti terbaik dari seluruh dunia yang mana anggotanya hanya berjumlah 33 orang. Dengan sejumlah prestasi itu, nggak heran William ditunjuk sebagai duta kuliner Indonesia.

Selain mempopulerkan masakan Indonesia di luar negeri, ada tekad lain yang ingin dicapai William. Dia berharap semakin banyak anak muda Tanah Air yang mengikuti jejaknya melestarikan masakan Indonesia yang kaya. Menurut suami Lusianawati Rahardjo ini, Indonesia perlu mencetak lebih banyak koki yang benar-benar mendalami kuliner daerah mereka. Ini dilakukan sebagai upaya untuk melestarikan kuliner nusantara dengan cita rasa yang otentik.

Kamu tertarik dengan dunia kuliner, Millens? Nggak ada salahnya kok kalau mengikuti jejak William Wongso. Nggak perlu langsung masak yang rumit-rumit. Coba aja masak dulu kuliner lokal di daerahmu dan perkenalkan masakan ini ke seluruh dunia. Pasti keren kan, Millens! (Kom/IB15/E07)