Tawon
Tawon Ndas. (Bussines Insider)

Tawon "Ndas", Tawon Predator yang Tewaskan 7 Warga Klaten

Keberadaan tawon "ndas" atau tawon vespa meresahkan warga Klaten, Jawa Tengah. Tawon ndas adalah tawon predator yang cukup berbahaya hingga dapat menyebabkan kematian. Berikut ulasannya.

Inibaru.id – Sebagian warga Kabupaten Klaten, Jawa Tengah resah dengan keberadaan tawon "ndas". Ini karena selama dua tahun terakhir, ada tujuh warga Klaten yang tewas lantaran disengat tawon ndas. Dua korban meninggal pada 2017, sedangkan lima lainnya meninggal pada 2018.

Pakar Ilmu Serangga LIPI Hari Nugroho menegaskan, tawon yang memiliki nama ilmiah Vespa affinis ini bukan tawon jenis baru di Indonesia. Hari mengatakan tawon itu bisa ditemukan di banyak tempat, mulai dari kawasan tepian hutan, tebing-tebing hingga sekitar permukiman warga yang tingginya kurang dari 500 meter di atas permukaan air laut atau dataran rendah.

Tawon ndas juga bukan merupakan tawon madu, melainkan tawon predator yang memangsa larva serangga lain seperti serangga hama pertanian. Tawon ini juga memiliki kemampuan untuk memasukkan racun ke dalam tubuh korbannya. Kendati demikian, bila yang menyengat kurang dari tiga ekor, racun tawon ini hanya akan menimbulkan alergi dengan gejala-gejala seperti bengkak dan sebagainya. Namun, bila dalam 1x24 jam nggak ditangani, sengatan tawon ndas bisa mengakibatkan kematian.

Menurut hasil pemetaan sarang tawon yang dilakukan Hari, hewan ini ditemui di seluruh dataran rendah Klaten khususnya Klaten bagian timur. Namun, keberadaan sarang tawon ndas juga dilaporkan di Solo, Sukoharjo, Boyolali, dan juga Sragen. Permukiman yang dikelilingi lahan pertanian juga merupakan tempat habitat yang bagus bagi tawon jenis ini untuk berkembang biak dan membuat sarang.

Kendati begitu, kasus kematian yang disebabkan tawon ndas, menurut Hari nggak diakibatkan meledaknya populasi tawon jenis ini.

“Saya tidak mau menyimpulkan demikian karena sudah sejak lama tawon ini ada di mana-mana, dan tidak aneh kalau dia bersarang di seputaran pemukiman,” katanya seperti ditulis Kompas.com, Jumat (11/1/2019).

Hal yang Harus Dilakukan Bila Tergigit Tawon Ndas

Tawon ndas atau tawon vespa sangat mudah dikenali dengan ukurannya yang agak besar, yaitu panjang sekitar tiga sentimeter. Tubuh tawon ini juga khas yakni berwarna hitam dengan gelang berwarna kuning atau oren di perut.

Bila tergigit, penanganannya cukup sederhana. Bagian yang bengkak perlu dikompres dengan es atau bila tersisa sengatannya, bisa dicabut. Lalu, penderita diberikan analgesik dan obat-obatan antihistamin atau corticosteroid untuk mengurangi pembengkakan.

Bila tawon yang menyengat berjumlah banyak, segeralah periksa ke dokter. Ini karena sengatan tawon ndas yang banyak bisa mengakibatkan hiperalergi yang bila tidak ditangani akan berlanjut menjadi anafileksis sistemik dan bisa merusak organ hanya dalam hitungan hari.

Duh, cukup bahaya nih, Millens. Kalau kamu melihat tawon jenis itu, sebaiknya menjauh ya agar nggak disengat. (IB07/E04)