Mengenal Perbedaan Pola Asuh Orang Tua Milenial dan Baby Boomers

Ternyata perbedaan generasi juga mempengaruhi pola asuh anak. Gimana sih perbedaannya?

Mengenal Perbedaan Pola Asuh Orang Tua Milenial dan <em>Baby Boomers</em>
Tiap generasi memiliki pola asuh yang berbeda. (image.freepik.com)

Inibaru.id – Generasi milenial merupakan generasi yang lahir pada tahun 1981-1996. Mereka  tumbuh saat teknologi sedang berkembang. Generasi yang sebagian besar telah bernak pinak ini merupakan keturunan dari generasi baby boomers.

Karena beda generasi, cara mereka mengasuh anak tentu nggak sama. Seperti apa sih perbedaannya?

Generasi Milenial Bergantung pada Internet

Generasi milenial lahir saat teknologi mulai berkembang. Sebab itu, wajar jika mereka akrab dengan internet. Melalui internet juga mereka mencari informasi mengenai parenting. Berbeda dengan generasi baby boomers (masih) gagap teknologi.

Mereka mencari informasi mengenai pengasuhan anak dengan bertanya pada orang-orang di sekitarnya.

Generasi Baby Boomers Punya Anak di Usia Dini, Milenial Miliki Anak di Usia Lebih Tua

Generasi baby boomers umumnya berpikir bahwa banyak anak banyak rejeki. Bagi mereka, menikah muda lebih baik meski pekerjaan belum mapan. Sedangkan milenial, cenderung memikirkan persiapan untuk berkeluarga.

Baby Boomers Selalu Sibuk Bekerja, Milenial Lebih Banyak Meluangkan Waktu dengan Anak

Orang tua baby boomers lebih senang bekerja. Hal ini berarti mereka adalah pekerja keras dan berdedikasi untuk pekerjaanya. Sedangkan milenial lebih bisa meluangkan waktu untuk anaknya. Karena bagi mereka menghabiskan waktu dengan keluarga sangat berharga.

Baby Boomers Lebih Konvensional dan Nggak Mau Banyak Mengurus Anak, Milenial Selalu Ingin Terlibat dengan Anaknya

Seorang ayah generasi baby boomer nggak banyak berperan untuk anak. Baginya mengurus anak adalah tugas ibu, dan ayah hanya fokus mencari nafkah.

Hal ini berbeda dengan ayah milenial yang lebih senang terlibat dengan anaknya. Mereka sengaja meluangkan waktu khusus untuk anak dan keluarganya. Ini sangat baik, sebab dengan dekat ayahnya seorang anak dapat mengembangkan kemampuan problem solving.

Millenial Mengajarkan Hal Penting Sejak Dini, Baby Boomers Sebaliknya

Salah satu hal penting yang diajarkan pada anak adalah tentang gender, pendidikan seks, dan nilai uang. Generasi milenial mengajarkan hal ini pada usia dini sedangkan baby boomers baru mengajarkannya pada usia matang. Ini terjadi karena pesatnya teknologi dan informasi baru yang membuat semakin pintar.

Nah, itulah perbedaan pola asuh orang tua berdasarkan generasi. Sama nggak dengan gaya parenting kamu? (IB30/E05)