Tidur Singkat Seperti Apa sih yang Disebut Power Nap?

Tidur Singkat Seperti Apa sih yang Disebut <em>Power Nap</em>?
Mengenal istilah power nap. (MangoStar_Studio)

Sejumlah orang sering menggunakanistilah power nap untuk menyebut tidur siang secara singkat. Namun, apa sih sebenarnya istilah power nap itu?

Inibaru.id - Rasa kantuk sering muncul di jam-jam yang nggak diinginkan misalnya saat kerja di siang hari atau kuliah siang. Untuk mengantisipasi hal itu, banyak orang yang melakukan tidur singkat atau tidur berkualitas supaya badan kembali segar. Inilah yang sering disebut-sebut sebagai power nap.

Yap, istirahat dengan periode singkat memang bisa membuat tubuh seperti hidup kembali. Ini karena tubuh mendapatkan kembali energi yang sudah dikeluarkan setelah beraktivitas seharian penuh.

Profesor Ilmu Psikiatri dan Perilaku dari Stanford Center For Sleep Science and Medicine, Rafael Pelayo, MD mengatakan walaupun singkat, power nap efektif untuk mengatasi masalah kurang tidur setelah beraktivitas panjang. Hal ini juga merupakan obat efektif bagi orang-orang yang mengalami penyakit narkolepsi atau gangguan tidur kronis.

Namun, manfaat tidur singkat ini bakal terasa hanya jika kamu benar-benar memerhatikan apa yang terjadi pada durasi tidur tersebut.

Pelayo menjelaskan, biasanya tubuh manusia membutuhkan waktu sekitar 90 menit untuk mencapai fase Rapid Eye Movement (REM) atau periode seseorang mengalami mimpi. 

Jika kamu nggak mendapatkan waktu tidur yang cukup di malam hari, periode REM biasanya terlewatkan. Lalu tubuh akan merespons langsung ke periode REM ketika kamu punya kesempatan untuk tidur.

Sebuah penelitian menyebut, jika kamu mengingat mimpi apa yang kamu miliki selama tidur singkat 10 hingga 20 menit, maka artinya tubuhmu sebelumnya tak cukup tidur.

Power nap akan terasa memuaskan dan mampu membantu menutup kekurangan tidur. Namun, jika kamu bergantung pada power nap secara rutin dan mengalami tidur nyenyak hingga bermimpi pada periode tersebut, kamu perlu mengevaluasi jadwal tidur. Itu menandakan, kamu perlu tidur di malam hari lebih lama. 

Jadi, kalau sudah ngantuk banget tapi waktunya nggak memungkinkan untuk tidur panjang, ambil saja power nap barang 10-20 menit, Millens. Tubuhmu akan terasa segar kembali. Kamu pernah melakukan power nap nggak? (IB24/E04)