Mengenal Glioblastoma, Kanker Ganas yang Menyerang Agung Hercules

Mengenal Glioblastoma, Kanker Ganas yang Menyerang Agung Hercules
Glioblastoma yang menyerang Agung Hercules. (Delfi)

Lama nggak lalu lalang di panggung hiburan, artis bertubuh kekar Agung Hercules dikabarkan terkena glioblastoma. Akibat penyakit itu, Agung mesti terbaring di rumah sakit. Apa sih glioblastoma itu?

Inibaru.id - Lama nggak muncul di layar kaca, artis bertubuh kekar Agung Hercules dikabarkan mengidap kanker otak stadium 4. Secara spesifik, kanker yang diderita Agung ini termasuk glioblastoma. Pemilik goyang barbel yang identik dengan tubuh berotot dan berambut gondrong ini pun kini tampak lebih kurus dan botak.

Glioblastoma merupakan tumor otak ganas tingkat 4 yang sebagian sel tumor berproduksi dan membelah pada waktu tertentu. Nggak seperti tumor otak lain yang dimulai dari dalam tubuh lalu menyebar ke otak, glioblastoma justru dimulai dari otak atau sumsum tulang belakang.

Dilansir dari laman Beritagar (22/06/2017), Asosiasi Tumor Otak di Amerika (ABTA) mengategorikan glioblastoma sebagai tumor yang sangat ganas, berbahaya, dan berpotensi menjadi kanker. Memiliki sifat yang agresif, Glioblastoma menjadi tantangan berat di kalangan medis untuk diobati.

Selain kemampuannya untuk menyerang dan tinggal di dalam jaringan otak normal, sel-selnya juga berproduksi dengan sangat cepat dan mudah menyebar. Glioblastoma dapat tumbuh hingga 1,4 persen dalam sehari. Pertumbuhan ini dua kali lebih cepat dibandingkan kanker paru-paru dengan pertumbuhan tercepat yang dapat berlipat ganda sekitar 14 minggu.

Glioblastoma juga termasuk penyakit langka dengan angka penderita 3 dari 100.000 orang. Penyakit ini cenderung menyerang laki-laki dibanding perempuan dengan perbandingan sekitar 60 persen per tahun. Meski risiko tertinggi ada pada lelaki, kaum hawa sebaiknya tetap mewaspadai penyakit ini ya, Millens.

Semoga Agung Hercules dan orang-orang yang menderita penyakit ini diberi kesembuhan, ya. (MG23/E04)