Frugal, Gaya Hidup yang Dibutuhkan Millenials

Gaya hidup frugal bisa menjadi pilihan terbaik buat kaum millenials supaya terhindar dari dari keborosan yang sia-sia. Nah, kayak apa sih gaya hidup ini? Simak yuk!

Frugal, Gaya Hidup yang Dibutuhkan Millenials
Mengelola keuangan. (caramenerapkan.blogspot.com)

Inibaru.id – Buat kamu yang nggak ingin tergelincir dalam hedonisme, gaya hidup frugal bisa banget kamu pertimbangkan. Apa itu gaya hidup frugal? Frugal adalah gaya hidup yang dijalani dengan kesadaran penuh untuk mengelola uang dan aset dengan baik, nggak berlebihan, dan nggak menyia-nyiakan barang kepunyaanmu.

Gaya hidup frugal tentu sangat berbeda dengan gaya hidup royal. Bisa dibilang kebalikannya, loh. Tapi nggak sama dengan gaya hidup pelit.

Saat menjalani gaya hidup ini, pada awalnya kamu akan benar-benar merasa super irit karena semuanya harus kamu kelola dengan baik. Namun kamu bisa menjalaninya dengan hal-hal kecil seperti mematikan listrik yang nggak perlu, mematikan air sebelum air penuh, nggak menyisakan makanan, dan sebagainya. Kamu juga nggak bisa seenaknya mengeluarkan uang untuk membeli benda yang sekiranya nggak terlalu penting.

Gaya hidup ini sangat cocok diadopsi semua orang terutama kaum millenials. Biasanya kaum muda cenderung lebih mudah mengeluarkan uang untuk mengakomodasi gengsinya. Nah, berikut beberapa tips yang dilansir dari Hipwee.com, Minggu (18/2/2018) bisa banget kamu praktikkan.

Atur sistem tabungan dan semua tagihan  menjadi sistem autodebet

Dengan mengatur sistem autodebet ini, kamu nggak lagi punya alasan malas menabung atau parahnya uangmu terkuras untuk hal lain yang sebenarnya nggak perlu-perlu amat. Mulai sekarang, utamakan dahulu semua tagihan termasuk listrik dan air. Selain itu, kamu juga harus menyisikan uang untuk menabung.

Memasak sendiri menu makanan yang praktis dan sehat

Mengurangi seringnya beli makanan di luar adalah salah satu gaya hidup frugal. Mulai sekarang belajarlah memasak makanan sendiri supaya lebih hemat. Makanan yang kamu masak sendiri juga terjamin kebersihannya sehingga lebih sehat.

Mengenal harga pasaran suatu produk yang akan dibeli

Saat hendak membeli suatu barang, pastikan kamu tahu harga pasaran produk tersebut. Kamu mungkin saja mendapat harga yang lebih murah di toko sebelah. Jadi, jangan malas membandingkan harga di suatu tempat belanja dengan lainnya.

Bercocok tanam

Selain memasak makanan sendiri, menanam kecil-kecilan di rumah juga bisa kamu lakukan biar nggak semua bahan makanan harus beli. Misalnya menanam cabai, tomat, daun bawang, atau sayuran lainnya.

Daripada beli, mending DIY aja

Menerapkan gaya hidup frugal bukan berarti kamu nggak bisa mendekor rumahmu supaya lebih baik. Nah, cobalah untuk mencari-cari tutorial DIY di internet untuk membuat furniturmu sendiri dari barang-barang bekas. Ini juga menjadi langkahmu mengurangi produksi sampah di dunia loh.

Berburu diskon
Nggak ada salahnya saat membutuhkan sesuatu, kamu membeli barang di supermarket atau minimarket. Kamu harus jeli dengan promo diskon yang sedang berlangsung di toko tersebut. Eits, tapi nggak semua barang diskon kamu beli ya. Misalnya, kamu sedang kehabisan sabun mandi. Carilah merek sabun mandi yang saat itu tengah promo. Kamu bisa berhemat dengan adanya diskon ini.

Nah, itulah beberapa tips kalau kamu ingin menjalani gaya hidup frugal. Gimana? Tertarik ingin mencoba? (IB07/E05)