Mengenal Beda Ampul dan Vial, Istilah di Dunia Obat dan Kesehatan

Mengenal Beda Ampul dan Vial, Istilah di Dunia Obat dan Kesehatan
Ampul dan vial, istilah obat dan dunia kesehatan yang kini banyak dibicarakan masyarakat. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Belakangan ini, pembahasan tentang istilah obat dan dunia kesehatan semakin banyak dilakukan masyarakat. Salah satunya adalah mengenal ampul dan vial. Hm, apa sih maksud dari istilah ini.

Inibaru.id – Karena Indonesia masih berada di masa pandemi Covid-19, maka istilah-istilah terkait dengan dunia kesehatan pun sering dibahas masyarakat umum.

Nah, dari kesekian banyak istilah-istilah yang sering dibahas, ampul dan vial juga kerap dibicarakan. Hm, sebenarnya, apa sih maksud dari kedua jenis istilah ini.

Kalau membahas soal ampul dan vial, pasti yang terkait dengan hal ini adalah ketersediaan obat. Kamu tahu sendiri kan, kebutuhan obat di masa pandemi ini semakin tinggi. Apalagi, faskes penuh dan naskes disibukkan dengan banyaknya pasien yang membutuhkan penanganan intensif. Banyak orang yang akhirnya mencari obat sendiri di apotek atau toko daring meski sebenarnya nggak direkomendasikan karena sebaiknya obat harus didapatkan dengan resep dokter.

Sebenarnya, istilah ampul dan vial ini bisa dibedakan dari bungkus obat atau senyawa kimia di dalamnya. Fungsi dari obat dan cara penggunaan obat ini juga berbeda, Millens.

Ampul

Ampul bisa dijelaskan sebagai obat dosis tunggal dengan wadah berupa botol dengan bagian lehernya tersegel. Nah, obat berjenis ampul  ini harus dibuat dari gelas kaca atau plastik, meski kebanyakan adalah yang berbahan kaca. Mengapa harus tersegel? Hal ini ditujukan agar cairan ampul di dalamnya nggak terkontaminasi oleh udara dan kelembaban.

Vial dan Ampul nggak hanya soal perbedaan kemasan, namun juga fungsi dan berbagai aspek lain. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Vial dan Ampul nggak hanya soal perbedaan kemasan, namun juga fungsi dan berbagai aspek lain. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Kalau segel ini dibuka, obat harus segera dipakai. Jika nggak, bakal terjadi kontaminasi, obat di dalamnya pun jadi nggak steril dan nggak lagi bisa memberikan manfaat kesehatan.

Sejumlah obat yang berjenis ampul adalah propofol, ondansetron, ranitidine, ketolorac, dan lain sebagainya.

Vial

Nah, kalau vial, bisa disebut sebagai obat multidosis, bukannya dosis tunggal. Isinya sih bisa berupa cairan, serum, serbuk, dan lain-lain. Perbedaan isi ini bergantung pada apa jenis obatnya.

Nah, vial biasanya adalah obat yang terbungkus dengan kaca namun nggak tersegel karena tutupnya hanyalah seperti karet. Dalam banyak kasus, tutup karet ini bisa ditembus jarum suntik yang dipakai untuk mengambil obat di dalamnya.

Vial sering dipakai untuk menyimpan obat yang cederung stabil dan bisa dipakai secara berulang. Jenis obat yang memakai istilah ini adalah omeprazole, antibiotic ceftriakson, dan lain-lain.

Jadi, sudah mengerti kan apa maksud dari vial dan ampul, Millens? (Dok/IB09/E05)