Mengapa Wajah di Cermin Terlihat Lebih Rupawan dibandingkan di Hasil Swafoto?

Mengapa Wajah di Cermin Terlihat Lebih Rupawan dibandingkan di Hasil Swafoto?
Tampilan muka saat bercermin seringkali terlihat lebih bagus daripada saat difoto. (Flickr/sodaniechea)

Tampilan wajah di cermin tampak lebih bagus bila dibanding dengan hasil swafoto kamera. Kenapa ya? 

Inibaru.id - Seringkali, saat becermin, kita merasa wajah kita cukup tampan atau cantik sehingga menambah rasa percaya diri. Hanya, setelah kita mengambil swafoto untuk mengabadikannya, wajah seperti terlihat lebih jelek dari sebelumnya. Hal ini tentu sangat menyebalkan, bukan? Lantas, apa sih penyebab dari perbedaan ini?

Masalah ini rupanya bisa ditelisik lebih lanjut, lo, Millens. Berikut sejumlah alasan refleksi wajahmu di cermin dan hasil swafoto berbeda.

Yakin Sepenuhnya dengan Refleksi Wajah di Cermin

Bercermin. (Flickr/

ND Strupler)
Bercermin. (Flickr/ ND Strupler)

Gambar yang ada di kamera adalah terbalik. Karena terbalik, refleksi wajah kita jadi nggak simetris sempurna. Noda di wajah juga nggak tertutupi di kamera tanpa menggunakan efek cantik.

Seorang fotografer di Kanada Jay Perry mengatakan banyak orang yang yakin sepenuhnya dengan refleksi yang didapatkan di cermin. Orang-orang meyakini refleksi itulah yang dilihat orang lain. Padahal, sama sekali nggak. Realitanya, wajah kita di cermin belum tentu menunjukkan rupa kita sebenarnya. Bisa jadi wajahmu lebih jelek atau bahkan lebih cantik dari yang ada di cermin.

"Cermin itu benda kebohongan," katanya.

Terlalu Sering Becermin

Bercermin membuat kita merasa akrab dengan muka. (Flickr/

dualdflipflop)
Bercermin membuat kita merasa akrab dengan muka. (Flickr/ dualdflipflop)

Daripada berswafoto, kita pasti lebih sering becermin. Frekuensi becermin yang lebih banyak itu secara nggak sadar membuatmu lebih suka dengan refleksi wajahmu di cermin. Ini juga didukung teori eksposur, yakni sesuatu yang terjadi berulang membuat seseorang menyukainya.

"Tampilan di cermin sangat kuat dan akrab sehingga menimbulkan rasa suka," kata Direktur Pusat Penelitian Psikologi Media Pamela Rutledge.

Efek Kamera

Selfie. (Flickr/

leo.laempel)
Selfie. (Flickr/ leo.laempel)

Jenis kamera menentukan hasil foto. Bisa jadi kamera yang kamu pakai untuk berswafoto memang nggak bagus sehingga refleksi wajahmu di sana jelek. Kamu bisa mengakalinya dengan menggunakan lensa kamera yang berbeda-beda.

Sebagai contoh, bila kamu pengin memiliki foto dengan badan ramping, pakailah lensa yang panjang. Ini karena lensa kamera yang pendek membuat wajahmu tampak lebih lebar.

Nah, itu dia alasan kenapa refleksi wajah kita di cermin dan di kamera berbeda, Millens. Em, tapi kalau kamu pakai efek cantik kamera sih perbedaan itu bisa kamu atasi. Ha-ha! (Fim/IB03/E07)