Mengapa Siswi Jepang Suka Pakai Rok Pendek?

Mengapa Siswi Jepang Suka Pakai Rok Pendek?
Banyak siswi sekolah di Jepang memakai rok pendek. Ternyata ada alasannya, lo. (Flickr/ Nicolas RĂ©nac)

Orang Jepang memiliki banyak keunikan, termasuk di antaranya adalah soal seragam sekolah. Siswi-siswi di Jepang suka sekali memakai rok pendek. Ternyata kebiasaan ini ada alasannya lo. Kenapa ya?

Inibaru.id - Bukan Jepang namanya kalau nggak memiliki keunikan. Di negara ini, ada banyak sekali budaya yang berbeda dari negara-negara lain. Nah, salah satunya adalah soal seragam sekolah. Banyak siswi sekolah di Jepang yang terkenal modis dan kerap mengenakan rok pendek. Apa ya alasan mereka suka mengenakannya?

Merujuk dari Detik, sebagian besar sekolah di Jepang memiliki seragamnya sendiri atau disebut dengan seifuku. Namun dibandingkan dengan yang dipakai para siswa, seragam siswi terbilang lebih unik dengan gaya lebih beragam.

Bagian seragam yang paling menyita perhatian dari seragam siswi adalah roknya yang pendek. Nah, sebetulnya ada cerita panjang kenapa rok pendek bisa sangat populer di sana.

Rok mini yang dipakai siswi Jepang ternyata punya cerita panjang. (Hipwee/ 163.com)
Rok mini yang dipakai siswi Jepang ternyata punya cerita panjang. (Hipwee/ 163.com)

Menurut Japanese Inside, Jumat (30/10/2020), kebiasaan menggunakan rok pendek ini dimulai dari budaya Gyaru yang ngetren pada era 90-an. Kala itu, legenda J-Pop Namie Amuro mengenakan rok super pendek, alis tipis, dan rambut yang di-bleach.

Saking populernya, gaya Namie Amuro itu banyak ditiru gadis-gadis Jepang. Mereka mulai membuat rok sekolahnya lebih pendek dari biasanya.

Ada beberapa upaya yang dilakukan para siswi Jepang biar roknya terlihat pendek. Pertama adalah dipotong, kedua adalah dilipat sampai setinggi pinggang, dan yang terakhir adalah mengenakannya dengan tambahan sabuk rok.

Biasanya, cara melipat rok dan mengenakan sabuk pada rok lebih banyak dipillih karena risikonya lebih kecil daripada memotong rok. Sebab, sekolah-sekolah di Jepang masih memberlakukan aturan ketinggian rok nggak boleh lebih tinggi 10 cm dari atas lutut. Jadi, bila tiba-tiba ada razia rok dadakan, para siswi tinggal menurunkan saja roknya kembali.

Namie Amuro punya peran penting dalam membentuk budaya populer Jepang. (AramaJapan)<br>
Namie Amuro punya peran penting dalam membentuk budaya populer Jepang. (AramaJapan)

Selain dipengaruhi tren Namie Amuro, alasan lain para siswi Jepang dalam memendekkan roknya adalah agar kaki mereka tampak lebih jenjang. Meski begitu, banyak orang yang mengatakan bahwa orang Jepang cenderung malu memperlihatkan kaki mereka ketika sudah beranjak dewasa sehingga masa sekolah menjadi waktu yang tepat untuk memamerkannya.

Secara umum, alasan penggunaan rok pendek ini nggak lebih dari soal fesyen. Apalagi orang Jepang memang dikenal sangat modis dan sangat memperhatikan penampilannya.

Jadi, jangan mikir yang aneh-aneh dulu ya soal rok pendek para siswi Jepang ini. Lebih ke soal fesyen, kok, Millens. Haha. (Det/IB28/E07)