Mengapa Sih Banyak Obat Sirup Harus Dikocok Dahulu Sebelum Diminum?

Mengapa Sih Banyak Obat Sirup Harus Dikocok Dahulu Sebelum Diminum?
Ilustrasi obat sirup. (Flickr/Marco Verch)

Pernahkah kamu memperhatikan bahwa beberapa obat sirup perlu dikocok lebih dahulu sebelum dikonsumsi? Apa alasannya, ya?

Inibaru.id – Saat badan terasa kurang sehat, sebagian orang pun memilih untuk minum obat. Obat ini bisa didapatkan dari resep dokter atau dibeli langsung di warung. Hanya, jika dicermati, banyak obat sirup yang harus dikocok terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Apa alasannya, ya?

Permintaan untuk mengocok obat sirup ini bisa kamu lihat di kemasan atau di kertas informasi obat. Biasanya, obat sirup ini untuk penyakit ringan seperti batuk, pilek, dan demam. Obat sirup juga seringkali diberikan untuk anak-anak.

Sebelum mengetahui alasan mengapa ada obat sirup yang harus dikocok terlebih dahulu sebelum dikonsumsi, sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu beberapa jenis obat sirup di pasaran. Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Obat Sirup Jenis Suspensi

Obat suspensi biasanya digunakan sebagai obat pencernaan. (Health Hub)<br>
Obat suspensi biasanya digunakan sebagai obat pencernaan. (Health Hub)

Obat suspensi berbentuk larutan seperti obat sirup, namun obat ini bersifat heterogen alias memiliki beberapa kandungan yang nggak sepenuhnya larut. Obat suspensi masuk dalam golongan obat sirup kecil. Jika kamu memperhatikan isinya, terdapat partikel-partikel kecil di dalam larutan.

Supaya tercampur dengan merata dan bisa bermanfaat menyembuhkan penyakit yang kamu derita, kamu harus mengocoknya lebih dulu sebelum meminumnya.

2. Obat Sirup Jenis Eliksir

Eliksir mengandung alkohol dan sangat jarang dijumpai di apotek. (Stuff)<br>
Eliksir mengandung alkohol dan sangat jarang dijumpai di apotek. (Stuff)

Obat sirup eliksir adalah obat yang jarang dijumpai. Obat ini mengandung alkohol dengan takaran sekitar 5-40 persen. Nah, alkohol inilah yang membantu kandungan obat lainnya bisa tercampur merata.

3. Obat Sirup Jenis Emulsi

Emulsi adalah jenis obat sirup yang mengandung dua cairan. (The Healthy)<br>
Emulsi adalah jenis obat sirup yang mengandung dua cairan. (The Healthy)

Obat emulsi mengandung zat penstabil di dalamnya. Obat ini sebenarnya masih masuk dalam obat suspensi. Obat emulsi mengandung dua cairan yang nggak berada dalam kondisi larut sehingga sebelum diminum, kamu juga harus mengocoknya.

4. Obat Sirup Jenis Larutan Cair

Obat sirup dengan bentuk larutan cair disukai anak-anak. (The Great Daily Course)<br>
Obat sirup dengan bentuk larutan cair disukai anak-anak. (The Great Daily Course)

Obat dalam bentuk larutan cair termasuk dalam obat homogen karena kandungannya bisa tercampur secara menyeluruh. Obat ini biasanya kental dengan kandungan gula yang tinggi sehingga anak-anak cenderung menyukainya. Keberadaan gula ini bisa menghilangkan sensasi pahit pada obat.

Dari keempat jenis obat itu, obat berbentuk larutan cair dan eliksir nggak perlu dikocok karena sudah menyatu. Meski begitu, kamu sebaiknya benar-benar mengecek aturan minum obat sebelum meminumnya, ya? (Hel/IB15/E07)