Mengapa Perempuan Sering Kesulitan Membaca Peta atau GPS?

Mengapa Perempuan Sering Kesulitan Membaca Peta atau GPS?
Ilustrasi: membaca peta lewat aplikasi Maps atau GPS. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Banyak perempuan yang mengeluhkan kesulitan membaca peta atau GPS sehingga akhirnya tersesat atau kesulitan mencapai tujuan. Apa penyebabnya ya?

Inibaru.id – Terdapat sebuah stereotip yang cukup unik dan diyakini oleh banyak orang, yakni perempuan cenderung kesulitan untuk membaca peta jika dibandingkan dengan laki-laki. Hal ini membuat mereka mudah tersesat meski sudah dibekali dengan peta atau peralatan GPS. Memang, nggak semua perempuan mengalami kesulitan yang sama, namun cukup banyak juga dari mereka yang mengakuinya. Apa penyebabnya, ya?

Sebenarnya, soal kecerdasan, laki-laki dan perempuan nggak ada bedanya. Banyak perempuan cerdas yang berprestasi baik itu di tingkat sekolah atau di bidang lainnya. Hanya, saat harus membaca peta atau GPS, banyak wanita yang kebingungan hingga kesulitan untuk mencapai tujuan.

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan perempuan sulit membaca peta. Berikut adalah dua di antaranya.

Ilustrasi: Banyak perempuan kesulitan membaca peta. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Ilustrasi: Banyak perempuan kesulitan membaca peta. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Terkait dengan Kondisi Biologis

Kemampuan membaca peta sebenarnya terkait dengan kemampuan visual. Selain itu, hal ini juga berkaitan dengan proses yang terjadi di otak kanan. Masalahnya, otak kanan laki-laki dan perempuan ternyata berbeda.

Telah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa otak kanan laki-laki lebih besar dibandingkan dengan milik perempuan. Ditambah dengan adanya hormon testosteron yang jumlahnya lebih banyak, fungsi otak kanan pada laki-laki pun jadi lebih maksimal. Secara alami, kemampuan visual dan membaca petanya pun lebih baik.

Terkait dengan Faktor Pengalaman

Sebenarnya, ada banyak perempuan yang sama sekali nggak mengalami masalah dalam hal membaca peta atau GPS. Hal ini karena mereka sudah terlatih memakainya. Apalagi jika sejak usia muda terbiasa melakukan perjalanan sendiri.

Ada beberapa faktor yang membuat perempuan sulit membaca peta. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Ada beberapa faktor yang membuat perempuan sulit membaca peta. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Masalahnya, banyak perempuan muda yang diproteksi oleh keluarganya dengan dalih keamanan. Sebagai contoh, mereka diantar jemput orang tuanya alih-alih dibiarkan pergi sekolah sendirian. Jika hal ini sering terjadi, otak akan jarang dilatih untuk membaca peta atau mengenali jalan. Saat harus dihadapkan pada situasi membaca peta, mereka pun akhirnya mengalami kesulitan.

Apalagi jika saat mengemudi, kondisi perjalanan cukup ramai dan membuat mereka harus berkonsentrasi penuh memegang kendali kendaraan. Mereka pun kesulitan jika sampai harus membagi konsentrasi dengan peta atau GPS.

Jadi, kalau kaum perempuan kesulitan membaca peta, nggak perlu bingung. Kamu bisa melatihnya, kok. Kalau sudah lebih terbiasa, pasti peta atau GPS bakal mudah terbaca, Millens. (Pik/IB09/E05)