Mengapa Logo Baju Dipasang di Bagian Dada Sebelah Kiri?

Mengapa Logo Baju Dipasang di Bagian Dada Sebelah Kiri?
Logo yang dipasang di sebelah kiri baju lebih mudah diingat dengan baik oleh orang yang melihatnya. (Flickr/USArmyCCDC)

Pernahkah kamu memperhatikan mengapa logo seringkali dipasang di bagian dada kiri baju? Ternyata, penempatan ini nggak dilakukan sembarangan, lo, Millens. Ada alasan khusus yang menjadi dasarnya. Apa saja sih alasan tersebut?

Inibaru.id – Jika kamu sedang berbelanja, nggak jarang kamu juga akan menjumpai baju dengan logo yang dipasang di sebelah kiri, tepatnya di bagian dada kiri. Bagi sebagian orang, ini mungkin bukan hal yang penting. Namun, pemasangan ini rupanya nggak dilakukan dengan sembarangan dan punya tujuan tertentu, lo.

Menurut sebuah jurnal berjudul di Left Gaze Bias in Human, Rhesus Monkey and Domestic Dogs yang diterbitkan di Research Gate, manusia memang cenderung melihat objek yang diletakkan di sisi kiri daripada di sisi kanan. Jika sebuah objek diletakkan di sisi kiri, ini akan membuat manusia bisa mengingat dengan lebih baik.

Dalam jurnal itu, uji coba dilakukan pada sebelas bayi berusia enam bulan. Hasilnya, bayi-bayi tersebut menunjukkan kecenderungan bisa mengingat wajah orang yang berada di sebelah kiri mereka dengan lebih baik.

Selain faktor itu, ada pula faktor lain yang dipertimbangkan, yaitu kebiasaan membaca manusia. Manusia cenderung membaca dari sisi kiri. Hal ini dibuktikan dengan cara penulisan huruf Romawi. Hanya, khusus untuk teori ini bisa dijadikan perdebatan mengingat di beberapa budaya seperti Arab, Ibrani, Jepang, dan Persia, tulisan justru dibaca dari kanan.

Penempatan logo kaus di kiri juga kerap diterapkan oleh produsen pakaian olahraga. (Flickr/

Peter Menzel)
Penempatan logo kaus di kiri juga kerap diterapkan oleh produsen pakaian olahraga. (Flickr/ Peter Menzel)

Pemasangan logo di sisi kiri ternyata sudah lama dilakukan. Tanpa disadari, hal ini diadopsi oleh banyak merek di seluruh dunia hingga sekarang. Sebagai contoh, logo pakaian dan klub olahraga, atau pemasangan logo di bidang lain juga hampir selalu berada di dada kiri.

Menariknya, ada penelitian yang mengungkap bahwa pemasangan logo di dada kiri ini bisa memberikan dampak positif bagi pemasaran. Sebagai contoh, ada banyak merek pakaian yang mengalami peningkatan penjualan hingga 98 persen! Apalagi jika merek ini sudah dikenal luas masyarakat. Wah, ternyata, dampaknya nggak main-main, Millens!

Hm, ini bisa menjadi secuil ilmu pemasaran yang kamu terapkan jika pengin membangun produkmu, Millens. Tentu saja, ada banyak ilmu lainnya yang harus kamu pelajari lagi. Hanya, kalau memang ingin memasang logo produk atau logo usaha di pakaian, tempatkan di dada kiri agar pemasarannya semakin membaik, ya?

Coba kamu sekarang cek, Millens, adakah logo di pakaianmu yang ada di dada kiri? (Cnn/IB15/E07)