Mengapa Kucing Takut Air?

Mengapa Kucing Takut Air?
Kucing takut air, apa alasannya, ya? (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Kebanyakan orang berpikir jika kucing takut air. Mereka pun nggak berani untuk memandikannya. Sebenarnya, apa sih alasan utama mengapa kucing bisa takut dengan air?

Inibaru.id – Salah satu hewan peliharaan yang disukai banyak orang di Indonesia adalah kucing. Nah, ada satu fakta unik tentang hewan menggemaskan ini, yakni kucing takut air. Sebenarnya, apa sih alasan mengapa hewan yang juga masih satu keluarga dengan harimau dan singa ini takut dengan air ya?

Jadi gini, Millens, sebenarnya nggak semua kucing itu takut air. Ada banyak kok kucing rumahan yang nggak takut nyemplung ke kolam atau bahkan berenang. Intinya sih, kalau kucing sudah terbiasa dengan air atau lingkungan yang basah sejak kecil, maka mereka nggak bakal takut.

Lantas, kok bisa ada anggapan kucing itu takut dengan air? Jadi gini, Millens, anggapan ini muncul dari Timur Tengah. Kabarnya, di kawasan inilah kali pertama kucing mulai dipelihara oleh manusia, tepatnya pada 9.500 tahun yang lalu. Kamu tahu sendiri kan TImur Tengah itu isinya gurun yang tandus, jarang hujan, dan nggak banyak sumber air?

Kucing-kucing di sana nggak akrab dengan lingkungan basah seperti air. Jadi, sekali menyentuhnya saja, mereka seperti ketakutan. Padahal, saudara-saudara besarnya seperti harimau yang biasa melihat air malah pandai berenang, lo.

Jenis Kucing yang Suka Air

Nggak hanya harimau yang juga suka dengan air, ada sejumlah jenis kucing lainnya yang suka. Dari Turki, kucing berjenis Turkish Van atau Turkish Anggora suka berenang dan nggak khawatir dengan air. Mereka terbiasa dengan lingkungan danau Van di sana.

Ternyata, banyak kucing yang suka air dan mampu berenang. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Ternyata, banyak kucing yang suka air dan mampu berenang. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Kucing berjenis Bengal, Maine Coon, serta American Bobtail juga nggak takut dengan air. Mereka adem ayem saja kalau dimandiin atau dimasukkan ke kolam. Bukannya takut, mereka malah asyik berenang di dalamnya.

Apakah Kucing Perlu Mandi?

Kalau kamu sudah memelihara kucing sejak kecil, biasakan kucing ini mandi secara teratur meski sebaiknya juga segera dikeringkan dan dihangatkan. Hal ini disebabkan oleh sifat dasar kucing yang lebih suka kondisi bulu yang hangat dan ringan, sementara kalau basah tentu saja berat, dingin, dan nggak nyaman.

Nah, kalau kamu mau memandikannya, bisa kok dengan air hangat agar kucing nggak merasa kedinginan. Pastikan juga untuk memakai mainan agar mereka tetap bisa asyik meski sedang dimandikan. Selain itu, gunakan shampoo yang diperuntukkan bagi kucing atau hewan peliharaan, ya?

Selain itu, akan jauh lebih baik memakai bak, ember besar, kolam, atau gayung, bukannya dengan shower. Suara shower yang berisik ternyata bisa membuat kucing stres, lo. Jadi, mereka malah bakal ketakutan saat dimandikan dan kamu pun akan kerepotan.

Nah, kalau kucing “mandi sendiri” dengan menjilati bulu-bulunya, sebenarnya itu nggak benar-benar mandi, lo. Mereka hanya membersihkan dan memastikan bulunya nggak kusut saja.

Jadi, sudah tahu kan fakta kucing takut air yang benar, Millens? (Kom/IB09/E05)