Mengapa Kini Ribu Disingkat dengan K?

Mengapa Kini Ribu Disingkat dengan K?
Ilustrasi: Kini K sering dipakai untuk menggantikan satuan ribu. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Di daftar harga menu kafe atau harga di swalayan, terkadang ribu disingkat dengan K. Misalnya, minuman seharga Rp 20 ribu ditulis Rp 20K. Apa alasannya, ya?

Inibaru.id – Kalau kamu main ke pasar swalayan, toko roti, atau ke kafe-kafe, pasti bakal menemukan fenomena ini. Harga yang biasanya ditulis ribu diganti menjadi K. Contohlah, ada minuman per porsi dengan harga Rp 20 ribu ditulis 20K saja. Penasaran nggak mengapa istilah ribu disingkat dengan K?

Menilik situs Merriam-Webster, satuan K ini dikenal secara internasional sebagai kependekan dari kilo. Kalau yang ini sih kamu sudah tahu kan? Yap, kilo adalah salah satu unit pengukuran dari System International d’unites (SI) atau Sistem Satuan Internasional.

Oya, kata kilo sebenarnya berasal dari Bahasa Yunani ‘chilioi’. Artinya penyebutan untuk jumlah jamak dalam ribuan. Menariknya, istilah kilo ini diserap berbagai bahasa di dunia dengan arti yang serupa. Orang Indonesia juga terbiasa memakainya dalam percakapan sehari-hari, bukan?

Penggunaan kilo ini beragam. Tapi intinya sih untuk menghitung satuan ribu. Contohlah, 1 kilometer berarti seribu meter, 1 kilogram berarti seribu gram, dan sebagainya. Satuan kilo inilah yang kini jadi satuan untuk uang juga.

Ilustrasi: Menu makanan yang memakai K untuk menggantikan ribu. (idnwisata)
Ilustrasi: Menu makanan yang memakai K untuk menggantikan ribu. (idnwisata)

Balik lagi ke penggunaan K untuk menggantikan ribu. Kalau kamu pikir baru belakangan populer, kamu salah. Sejak 1940-an, sudah ada kok yang memakainya. Meski begitu, secara resmi, istilah ini diadopsi pada 1975 oleh grup penelitian Antoine Lavoisier. Empat tahun kemudian, sistem metrik di Prancis juga mulai memakainya.

Sejak saat itu, semakin banyak orang dan organisasi yang memakai K untuk menggantikan ribu. Maklum, menulis K jauh lebih mudah dan ringkas daripada menuliskannya dengan ribu atau menambahkan tiga angka nol. Angka-angkanya juga bakal lebih mudah dibaca dari jarak jauh, bukan?

Menariknya, penggunaan K ini nggak hanya di swalayan atau kafe untuk kebutuhan menyingkat ribuan pada uang. K juga banyak dipakai dalam dunia teknologi. Kamu juga bisa menemukannya dalam penulisan resolusi gambar seperti 2K atau 4K. Resolusi 2K bisa diartikan kalau ukuran gambarnya adalah 2.560 x 1440 pixel. Sementara itu, 4K berarti 3.840 x 2.160 pixel.

Meski begitu, kamu sebaiknya memakai istilah K pengganti ribu ini untuk penulisan saja ya, bukannya sembari diucapkan. Kalau yang ini sih, bisa bikin orang lain bingung, Millens. Haha. (Det/IB09/E05)