Mulai Sekarang, IGTV Bisa Tampilkan Video Horizontal

Mulai Sekarang, IGTV Bisa Tampilkan Video Horizontal
IGTV sudah bisa menampilkan video horizontal. (Sabigaju)

Format IGTV yang selama ini hanya diperuntukkan video vertikal akhirnya diubah. Kini, pengguna bisa mengunggah video horizontal di fitur Instagram itu.

Inibaru.id – Sejak diluncurkan tahun lalu, IGTV hanya bisa diisi video-video berorientasi vertikal. Namun, kini Instagram sudah mengubah keterbatasan tersebut. Melalui sebuah unggahan di blog resminya, Instagram mengumumkan aplikasi berstatus stand alone itu mendukung video dengan orientasi landscape atau horizontal.

Dalam unggahannya itu, Instagram menyadari hal ini merupakan sebuah evolusi dari awal mula IGTV. Mereka menganggap keputusan ini paling tepat diambil mengingat banyaknya masukan dari para pengguna.

Sebelum ini, para kreator mengatakan mereka mesti dua kali kerja jika ingin mempromosikan video secara lintas platform yakni dari Youtube ke IGTV. Ini karena mereka merekam video dengan format berbeda antara yang diunggah di YouTube dan IGTV. Hal ini pun dianggap nggak efektif.

Dengan adanya kebijakan baru ini, kreator tentu diuntungkan. Mereka sudah nggak lagi berpikir ulang karena kerja dua kali bila pengin mengunggah video horizontal ke IGTV.

Selalu Melakukan Perubahan

Kendati demikian, penonton IGTV masih kalah banyak dibanding Youtube atau Instagram Story. Hal ini dikarenakan lokasi IGTV yang dipisah dari beranda. Untuk menjaring lebih banyak penonton, Instagram akhirnya menyempilkan preview IGTV ke beranda pengguna.

Instagram selalu mengalami perubahan tiap periodenya. Seperti perubahan ketentuan unggah foto persegi pada 2015 silam. Dulu kali pertama hadir, Instagram hanya mendukung format foto persegi 1x1 atau resolusi 640 x 640. Kemudian, format itu ditingkatkan pada 2015 dengan resolusi 1080 x 1080 sehingga video atau foto landscape nggak akan terpotong.

Hm, inovasi apa lagi ya yang bakal diciptakan Instagram? Sobat Millens ada usul? (IB24/E04)