Menengok Kemeriahan Perayaan Maulid Nabi di Berbagai Negara

Peringatan Maulid Nabi atau hari kelahiran Nabi Muhammad SAW diperingati setiap 12 Rabiul Awal Hijriyah. Di berbagai negara perayaan ini diperingati dengan tradisinya masing-masing. Apa saja?

Menengok Kemeriahan Perayaan Maulid Nabi di Berbagai Negara
Tradisi membuat olahan dari daun jeruk di Afrika Selatan dalam rangka memperingati Maulid Nabi. (Trtworld)

Inibaru.id - Indonesia memiliki berbagai tradisi menyambut perayaan Maulid Nabi. Terdapat beragam perayaan menarik untuk memeriahkan hari spesial umat Muslim tersebut. Misalnya di Surakarta dan Yogyakarta ada perayaan Sekaten, di Bali juga ada tradisi Bale Saji.

Selain di Indonesia, Maulid Nabi juga dirayakan dengan meriah di berbagai negara di dunia. Seperti apa kemeriahan perayaan Maulid Nabi di negara-negara tersebut?

Palestina

Kemeriahan Maulid Nabi di Jalaban Nablus, Palestina. (Shehab News Agency)

Di Palestina, nyanyian-nyanyian berisi pujian kepada Nabi Muhammad SAW akan dilantunkan oleh para lelaki di sepanjang jalan Nablus, Palestina. Lagu-lagu tersebut menceritakan kehidupan dan karakter Nabi. Di Nablus, anak-anak Palestina juga akan mendapatkan permen.

India

Para perempuan berdoa di kuil Hazratbal di Srinagar dalam peringatan Maulid Nabi di India. (Okezone)

Di India, peringatan Maulid Nabi ditandai dengan para perempuan yang berbondong-bondong menuju Hazratbal. Wilayah ini merupakan tempat suci untuk menyaksikan sehelai jenggot milik Nabi Muhammad SAW. Di sini tersedia pula berbagai macam penjaja makanan tradisional yang bisa dinikmati selama perayaan.

Turki

Tarian darwis

Tarian Darwis. (Intisari/Moh. Habib Asyhad)

Di Karavas Veli, Dervish Lodge, Bursa, Turki biasanya akan ada para penari terkenal Turki yang menarikan Tari Darwis ketika Maulid Nabi berlangsung. Tari Darwis merupakan tarian sufi yang dilakukan oleh para laki-laki sambil berputar-putar.

Kenya

Festival Maulid Nabi di Kota Tua Lamu, Kenya

Perlombaan balap keledai di Lamu, Kenya. (Lamu Tourism Association/capitalfm.co.ke)

Di Kenya perayaan Maulid Nabi diisi dengan berbagai macam perlombaan. Seperti yang dilakukan di Pulau Lamu, Provinsi Pesisir, Kenya, terdapat perlombaan perahu yang dilakukan oleh para pemuda secara. Ada pula perlombaan balap keledai. Kegiatan ini ternyata menarik para wisatawan untuk berkunjung, lo.

Afrika Selatan

Bungkusan kecil

Bungkusan isi daun jeruk yang menyerupai permen. (TRT World and Agencies)

Di wilayah Cape Town, Afrika Selatan, upacara Rampies-sny merupakan tradisi unik yang dilakukan saat Maulid Nabi. Dalam upacara ini para perempuan akan memotong daun lemon dan daun jeruk yang direndam dalam air tawar. Daun-daun ini kemudian diolah sambil mengumandangkan salam kepada Nabi. Olahan tersebut kemudian dikemas menyerupai permen dengan kertas kecil dan diberikan pada para laki-laki di Afrika Selatan.

Menarik banget ya Millens! Tradisi dari mana nih yang jadi favoritmu? (MG26/E06)