Mengenang Sosok Almarhum Ustaz Arifin Ilham

Ustaz Arifin Ilham mengembuskan napas terakhirnya saat menjalani perawatan kanker di Penang, Malaysia, pada Rabu (22/5/2019) malam. Banyak orang yang merasa kehilangan akan sosok teduh pemuka agama Islam ini.

Mengenang Sosok Almarhum Ustaz Arifin Ilham
Ustaz Arifin Ilham meninggal dunia. (Ceknricek)

Inibaru.id – Kabar duka datang pada Ramadan kali ini. Ustaz Muhammad Arifin Ilham yang sedang menjalani pengobatan kanker di Penang, Malaysia, tutup usia di usia 49 tahun. Kabar itu diunggah langsung akun Instagram putra sang ustaz Muhammad Alvin Faiz, @alvin_411.

Laman Kompas, Kamis (23/5/2019) menulis, kabar wafatnya Ustaz Arifin Ilham juga disampaikan langsung manager Alvin, Adit. Berita ini langsung menjadi trending topic di media sosial Twitter di tengah-tengah keriuhan aksi unjuk rasa dan kerusuhan di Jakarta.

Nggak hanya dikenal sebagai ustaz yang disegani banyak orang, Ustaz Arifin juga ikut larut dalam keriuhan dunia politik dalam beberapa tahun terakhir. Selain itu, saat sakit dan dirawat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), kedua calon presiden yang berkompetisi dalam Pilpres 2019, Joko Widodo dan Prabowo Subianto juga menjenguknya.

Sebagai informasi, kabar tentang sakit Ustaz Arifin Ilham mulai diketahui publik pada pengujung 2018 lalu. Saat itu, Arifin Ilham dikabarkan menderita kanker getah bening dan kanker nasofaring stadium 4A. setelah mendapatkan penanganan medis di Penang, Malaysia, Arifin dikabarkan telah benar-benar sembuh.

Sayang, pada Januari 2019, Arifin dikabarkan kembali jatuh sakit. Bahkan, beberapa kali muncul berita hoaks tentang kematiannya yang kemudian dibantah berbagai pihak. Sejak saat itu pula Arifin kembali dirawat di Penang hingga akhirnya mengembuskan napasnya yang terakhir di sana.

Ustaz Arifin Ilham lahir di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Lulusan jurusan Hubungan Internasional di Universitas Nasional ini juga dikenal sebagai pendiri Majelis Az-Zikra, pesantren yang ada di kawasan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor. Dikabarkan, di pesantren ini pulalah Ustaz Arifin akan dimakamkan.

Selamat jalan, Ustaz Arifin Ilham. Semoga amal ibadahnya diterima ya, Millens. (IB09/E04)