Oplet, Angkutan "Si Doel" yang Tergilas Zaman

Oplet, Angkutan
Oplet, angkutan umum yang sudah punah. (Kompas.com/Alsadad Rudi)

Kendati sudah lama nggak digunakan sebagai alat transportasi umum, oplet pernah mewarnai dunia transportasi dan otomotif Indonesia. Yuk, simak sejarah dan basis oplet di Ibu Kota.

Inibaru.id – Oplet. Anak zaman now barangkali asing mendengar nama satu ini. Namun, bagi penggemar "Si Doel", nama tersebut nggak asing lagi karena angkutan umum itu sangat lekat dengan cerita "Si Doel" yang legendaris.

Yap, oplet adalah salah satu angkutan umum yang pernah menjadi primadona di jalanan Ibu Kota pada era 1960-an dan 1970-an. Namun satu dekade setelahnya, oplet sudah jarang beroperasi. Iwan Fals dalam lagunya berjudul Oplet Tua (1984) menunjukkan posisi oplet yang sudah tergeser mikrolet, bajaj, dan bus kota di Jakarta.

Otomania.gridoto.com (28/12/2017), menulis, oplet bukanlah jenama (merek) mobil, bukan juga sebutan aslinya. Konon, oplet berasal dari kata “Opelette”, sebuah nama produk dari perusahaan mobil Opel. Kata "opel" mewakili jenama mobil, sedangkan “lette” berarti kecil, jadi "opelette" bisa diartikan Opel yang kecil. Namun, ada juga yang mengatakan nama oplet berasal dari Chevrolet sampai auto let.

Dulu, jenama oplet ada pelbagai macam seperti Morris, Opel, dan Austin. Nah, kalau oplet yang dipakai di sinetron Si Doel Anak Sekolahan itu berjenis Morris Minor Traveller keluaran 1957. Mobil ini sangat khas karena sebagian pilarnya berbahan kayu. Jendela oplet itu juga terbuat dari kayu dan semacam kulit.

Mobil yang bisa menampung 10 penumpang ini berkapasitas 1.098 cc dengan 4 silinder sejajar. Tenaga yang dihasilkan mencapai 48 tk @5.100 rpm. Sementara itu, torsi maksimum mobil ini adalah 81 Nm @2.500 rpm. Dalam iklan berbahasa Jawa, mobil ini disebut: “mesinnya 4 silinder, sasinya kuat, bensinnya irit.”

Oplet memiliki satu pintu di bagian belakang yang berfungsi sebagai jalan masuk dan keluar penumpang. Di bagian depan ada dua pintu yakni di sebelah kanan dan kiri. Untuk menutup dan membuka jendela, penumpang tinggal mengangkat atau menurunkannya.

Jika mobil biasa tangkinya berada di sisi mobil, oplet menaruh tangki bensinnya di bagian dalam, persis di antara kaki-kaki penumpang. Satu hal yang unik dari oplet yaitu lampu seinnya yang bulat dan berjejer ke atas di bagian kanan dan kiri. Klakson oplet juga unik karena berada di bagian luar. Memakainya harus dipencet karena terbuat dari karet.

Unik ya, Millens. Kendati sudah nggak lagi beroperasi, keberadaan oplet di Ibu Kota patut untuk diketahui anak-anak zaman now nih. Gimana, pengin naik oplet nggak? (IB13/E04)