Menelisik Mitos Hantu Kuyang yang Sedang Viral di Twitter

Menelisik Mitos Hantu Kuyang yang Sedang Viral di Twitter
Hantu Kuyang viral di Twitter. (Twitter/@Rafindra7x)

Video warga buru hantu Kuyang di Kalimantan ramai di Twitter. Berikut mitos seputar hantu Kuyang.

Inibaru.id – Negara Indonesia nggak melulu kaya akan budaya, kuliner, dan adat istiadatnya. Kisah-kisah mistis penuh misteri juga punya panggung tersendiri di Tanah Air. Salah satu kisah mistis yang populer yakni hantu kuyang yang beberapa hari lalu ramai di Twitter.

Pada Kamis (10/10/2019) video penampakan Kuyang tersebar dan jadi trending topic di Twitter. Video warga yang sedang memburu Kuyang itu diketahui terjadi di Jalan Slamet Riyadi, Kecamatan Sungai Kunjang, Samarinda. Peristiwa tersebut terjadi pada Senin (7/10/2019) pukul 00.10 WITA.

Warga dikejutkan penampakan Kuyang. (Instagram/@samarindaetam)

Dalam video tersebut, sejumlah warga yang geger karena ada Kuyang yang melintas di depan rumahnya. Tampak pula beberapa warga ramai berteriak “Ada Kuyang! Ada Kuyang!” Bahkan, Kuyang tersebut sempat mendapat pukulan sapu lidi dari salah seorang warga yang kesal dengan kemunculannya.

Mitos hantu Kuyang memang populer di daerah Kalimantan. Berdasarkan kepercayaan warga setempat, Kuyang merupakan siluman atau manusia yang menjalankan ilmu hitam sehingga bisa berwujud setan. Wujud hantu ini cukup menyeramkan dan menjijikan lo, Millens. Kuyang dituturkan berbentuk kepala manusia dengan organ-organ dalam tubuh seperti jantung, hati, paru-paru, lambung, dan usus yang bisa melayang. Hi, seram!

Meski Kuyang ada di Kalimantan, nggak jarang orang luar daerah kerap menemukan makhluk serupa dengan nama yang berbeda. Di Sumatera misalnya, hantu dengan bentuk demikian dikenal dengan istilah Palasiak. Sementara, warga Bali menyebutnya dengan istilah Leak. 

Seperti ditulis laman Travelingyuk (6/8/2019), pada siang hari, Kuyang menyerupai perempuan biasa yang beraktivitas secara normal. Nah, di malam hari barulah Kuyang bisa melepas kepalanya dan berkelana mencari mangsa. Sasaran Kuyang adalah bisa menghisap darah ibu hamil, ibu baru melahirkan, dan bayi untuk mendapatkan ilmu awet muda.

Eits, tapi Kuyang ada penangkalnya, lo. Para ibu hamil dan yang habis melahirkan di Kalimantan, SUmatera, ataupun Bali disarankan untuk membawa sisir, cermin, dan sapu lidi ke mana pun pergi.

Duh, hati-hati ya, Millens. Semoga kamu sekeluarga terlindungi. (IB07/E04)