Menanti Kiprah Duo Srikandi di Pimpinan DPR dan MPR Periode 2019-2024

Pelantikan MPR dan DPR yang digelar beberapa hari lalu memunculkan nama-nama perempuan sebagai pimpinan. Puan Maharani didapuk sebagai Ketua DPR RI periode 2019-2024, sedangkan Lestari Moerdijat dipercaya menjadi Wakil Ketua MPR dari fraksi Partai Nasdem.

Menanti Kiprah Duo Srikandi di Pimpinan DPR dan MPR Periode 2019-2024
Jajaran pimpinan MPR periode 2019-2024. (Tirto/Andrey Gromico)

Inibaru.id - Sejak dilantik pada Selasa (1/10/2019), anggota DPR RI langsung melakukan sejumlah persidangan untuk memilih pimpinan baik DPR RI ataupun MPR. Dari beberapa persidangan itu, Puan Maharani dari fraksi PDIP terpilih sebagai Ketua DPR RI periode 2019-2024, sedangkan pucuk pimpinan MPR RI pada periode yang sama dipercayakan kepada Bambang Soesatyo dari fraksi Partai Golkar.

Formasi kali ini lebih menarik karena ada dua perempuan di dua pimpinan itu. Selain Puan yang didapuk jadi Ketua DPR RI, Lestari Moerdijat dari fraksi Partai Nasdem juga duduk sebagai Wakil Ketua MPR mewakili fraksinya. 

Rerie, panggilan akrab Lestari Moerdijat mengatakan pengangkatan dirinya sebagai pimpinan MPR adalah sebuah penghargaan.

"Ini sebuah penghargaan. Saya adalah perempuan yang mewakili perempuan di Indonesia. Ini sebuah kehormatan buat kami semua perempuan Indonesia," kata Lestari di Kompleks Parlemen, Senayan, Kamis (3/10).

Sementara itu, Puan mengatakan adanya perempuan dalam jajaran parlemen itu merupakan hasil dari dinamika politik.

"Politik itu dinamikanya berkembang, dinamikanya sangat dinamis namun ternyata bisa juga menghasilkan perempuan perempuan yang nantinya bisa membawa manfaat bagi Indonesia," ujarnya seperti ditulis laman Kumparan, Kamis (3/10).

Wakil perempuan dalam jajaran pimpinan parlemen ini mendulang perhatian publik. Warga berharap mereka dapat lebih memperjuangkan hak-hak perempuan.

Puan adalah putri Megawati Soekarno Putri yang sudah lama berkecimpung di dunia politik. Sebelum menjadi anggota dewan, Puan sempat menjadi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia pada Kabinet Kerja Jokowi.

Sementara itu, Rerie merupakan pendatang baru di parlemen. Rerie melenggang ke Senayan setelah mendapat 162.996 suara dari daerah pemilihan (Dapil) II Jawa Tengah yakni Jepara, Kudus, dan Demak. Perempuan 52 tahun ini memiliki karier yang cemerlang di bidang usaha. Dia menjabat sebagai Deputy Chairman Media Group sekaligus Presiden Direktur Media Indonesia.

Rerie juga diketahui aktif di dunia pendidikan dan sosial. Dia menjabat sebagai Dewan Pembina Yayasan Sukma yang mengelola beberapa sekolah di Aceh. Sebagai penyintas kanker payudara, Rerie juga terlibat dalam kampanye pencegahan kanker serta penyuluhan kesehatan melalui Komunitas Sahabat Lestari.

Semoga pimpinan perempuan di parlemen ini bisa bekerja dengan baik serta turut memperjuangkan hak-hak perempuan ya, Millens! (IB27/E04)