Menangisi Pamitnya Valentino Rossi dan Lionel Messi

Menangisi Pamitnya Valentino Rossi dan Lionel Messi
Lionel Messi pamit dari FC Barcelona, di hari yang sama dengan Valentino Rossi pamit dari MotoGP. (Twitter.com/PapiJxnior)

Sebagian penggemar MotoGP mengaku tertarik melihat balapan karena menanti aksi Valentino Rossi. Sementara itu, penggila sepak bola mahfum jika meningkatnya jumlah fans FC Barcelona dalam 15 tahun terakhir disebabkan oleh keberadaan Lionel Messi. Kini, keduanya pamit.

Inibaru.id – Kamis (5/8/2021) waktu Eropa, penggemar olahraga dikejutkan dengan pernyataan dari dua legenda Valentino Rossi dan Lionel Messi.

Sang legenda balapan sepeda motor memutuskan untuk pensiun, sementara Messi, dipastikan nggak akan lagi membela tim yang selama ini identik dengannya, FC Barcelona.

Hal ini seperti menandakan akhir dari sebuah era. Di MotoGP, sebenarnya sejak beberapa tahun terakhir Rossi sudah nggak lagi kompetitif. Namun, siapa saja tahu seperti apa dia saat sedang di masa jaya. Meski mengawali balapan dari belakang, dengan lihainya Rossi menyalip pembalap di depannya satu per satu hingga meraih juara.

Semua penonton, baik itu di sirkuit atau layar kaca bahkan seperti berharap Rossi selalu start dari belakang di setiap balapan demi melihat aksinya memenangi balapan. Sesuatu yang sangat jarang terjadi di balapan MotoGP belakangan.

Memang, era MotoGP sudah berubah, dan Rossi yang sudah semakin menua sudah nggak mampu lagi bersaing dengan pembalap-pembalap lain yang lebih muda dan lincah.

“Saya memutuskan untuk berhenti pada akhir musim ini,” ucap pembalap berusia 42 tahun itu di konferensi pers resmi MotoGP.

Beda lagi dengan Messi. Namanya bahkan sudah mahsyur sebelum benar-benar jadi pemain utama FC Barcelona. Bakat sepakbolanya adalah bakat lahiriah yang nggak ada duanya di dunia. Barcelona dan Messi seperti ditakdirkan untuk bersama selamanya di masa suka dan duka. Namun, faktor ekonomi berkata lain. Kekacauan manajemen keuangan di Barcelona membuat klub ini nggak mungkin lagi bisa membayar gaji Messi karena adanya pembatasan dari La Liga Spanyol.

Valentino Rossi pensiun dari balapan MotoGP di usia 42 tahun. (Flickr/bepak8)
Valentino Rossi pensiun dari balapan MotoGP di usia 42 tahun. (Flickr/bepak8)

Padahal, dalam beberapa hari terakhir, di berbagai media viral kabar bahwa Messi bakal kembali meneken kontrak di Barcelona hingga usianya 39 tahun meski gajinya dipotong 50 persen dari sebelumnya.

“Hal tersebut (penandatanganan kontrak Messi dengan FC Barcelona) nggak tercapai karena rintangan finansial dan struktural (dari regulasi La Liga Spanyol). Sebagai akibatnya, Messi nggak akan bertahan di FC Barcelona,” tulis pernyataan resmi FC Barcelona.

Hal ini membuat Messi pun mengakhiri kisah luar biasanya di Barcelona semenjak membela tim senior 17 tahun lalu. Total, Messi telah membela Barcelona di 810 pertandingan dan mencetak 683 gol. Sepuluh gelar liga, empat gelar Liga Champions, dan belasan gelar bergengsi lainnya telah dia berikan ke klub yang mau menampungnya dan memberinya pengobatan hormon untuk mengatasi masalah tinggi badannya saat masih anak-anak ini.

Kita mungkin masih bisa melihat aksi Messi di klub lainnya. Namun, pasti aneh melihatnya berseragam selain FC Barcelona. Sementara itu, penggemar MotoGP pasti bakal merasa ada yang hilang dengan nggak adanya Rossi di starting grid setiap balapan.

Keduanya adalah alasan mengapa fans MotoGP dan fans Barcelona menanti setiap laga dan balapan. Sayangnya, kini memang waktunya untuk berpisah. Entah, apakah para penggemar itu mau bertahan atau ikut pergi bersama dengan sang legenda. (Kom/IB09/E05)