Menakar Peluang Kebangkitan Ekonomi 2021 melalui The Indonesia 2021 Summit

Menakar Peluang Kebangkitan Ekonomi 2021 melalui The Indonesia 2021 Summit
The Indonesia 2021 Summit. (Danamon) 

Pandemi Covid-19 sepanjang 2020 bikin banyak negara “berdarah-darah” untuk bertahan, nggak terkecuali sektor ekonomi. Lantas, gimana kondisi ekonomi tahun ini? Seberapa besar peluang kebangkitan ekonomi Indonesia pada 2021?

Inibaru.id – Banyak negara nggak dimungkiri mengalami kontraksi ekonomi selama pandemi COVID-19. Menurut prediksi Bank Dunia, pertumbuhan ekonomi secara global bakalan minus 5,2 persen pada 2020 silam. Bisa dibilang, ini menjadi resesi global terparah sejak Perang Dunia II.

Perlu kamu tahun resesi global kali ini diyakini bakal tiga kali lebih parah ketimbang resesi global 2009. Sejumlah kalangan memproyeksikan, wilayah Asia dan Pasifik bakal terkontraksi cukup tajam, yakni 6 persen pada 2020. Ini terjadi karena sebagian besar negara harus melakukan lockdown berkepanjangan.

Namun, ibarat pelangi setelah badai, keberhasilan pembuatan vaksin dipercaya menjadi angin segar bagi seluruh dunia. Optimisme para pelaku usaha terhadap pertumbuhan ekonomi pada 2021 pun meningkat, nggak terkecuali di Indonesia.

Kita menyambut 2021 dengan banyak tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya, yang mau nggak mau memaksa kita untuk memikirkan kembali bagaimana kita melihat masa depan. Banyak hal yang sebelumnya kita perkirakan akan terjadi satu atau dua dekade mendatang, tapi justru sedang terjadi sekarang.

Nah, untuk membahas persoalan tersebut dengan lebih detail, bekerja sama dengan Media Group News (MGN), MUFG Bank bersama dengan Bank Danamon menggelar The Indonesia 2021 Summit pada 23 Februari 2021.  Acara ini akan menyoroti tantangan yang kita hadapi di berbagai spektrum, baik secara global maupun domestik, dan kita akan melihat bagaimana hal itu relevan dengan bisnis kami saat kita memutuskan tindakan selanjutnya.

Menteri BUMN/Ketua Pelaksana KPC PEN Erick Thohir bakalan hadir sebagai keynote speaker. Selain itu, sejumlah pembicara ahli juga akan turut andil bagian dalam acara yang bakal digelar secara daring tersebut.

Para pembicara tersebut di antaranya adalah Direktur Utama Bank Danamon, Yasushi Itagaki dan Pejabat Eksekutif serta Kepala Kantor Cabang MUFG Bank untuk Indonesia Daisuke Ejima, peraih Hadiah Nobel Ekonomi (2001) dan akademisi Joseph E Stiglitz, penulis ternama Amerika Serikat dan salah satu dari “100 Pemikir Global Utama” Robert D. Kaplan, Kepala Riset Pasar Global untuk Eropa, Timur Tengah, Afrika, dan Sekuritas Internasional MUFG Derek Halpenny, Direktur Eksekutif CSIS Indonesia yang juga seorang peneliti politik Philips J. Vermonte, Managing Partner PT Verdhana Sekuritas Indonesia Heriyanto Irawan, serta Presiden Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata.

Sementara, konferensi ekonomi nasional tersebut akan dimoderatori langung oleh CEO Medcom.id Kania Sutisnawinata.

Penasaran dengan poin-poin apa saja yang bakalan dibahas dalam acara tersebut? Tenang, kamu bisa menyimak diskusi dan pemaparannya secara langsung via live streaming di kanal Youtube Bank Danamon dan Media Group News, kok! Jangan lupa catat tanggal mainnya ya, Millens! (IB01/E03)