Menabung Hampir 1 Miliar di Celengan, Uang Justru Hancur Dimakan Rayap

Menabung Hampir 1 Miliar di Celengan, Uang Justru Hancur Dimakan Rayap
Ilustrasi - Uang rusak dimakan rayap. (Cermati)

Bukannya bisa menikmati hasil tabungannya bertahun-tahun senilai sekitar 1 miliar, nenek ini justru kecewa karena uangnya rusak dimakan rayap. Seperti apa ya ceritanya?

Inibaru.id – Nggak semua orang terpikir untuk menabungkan uangnya di bank. Ada yang khawatir dengan riba, ada juga yang memang lebih suka menabung di celengan yang ada di rumah. Nah, hal ini pulalah yang dilakukan oleh seorang nenek di Malaysia. Nenek yang nggak disebutkan namanya ini menabung uang hampir Rp 1 miliar di celengan. Nahas, uang tersebut justru rusak sehingga nggak lagi bernilai.

Kabar mengejutkan ini diunggah oleh situs World of Buzz. Berita ini juga menampilkan sebuah video yang memperlihatkan uang kertas dengan nilai sekitar 230 Ringgit atau sekitar Rp 798 juta yang berada dalam kondisi hancur.

Dalam video tersebut, terdengar suara perekam yang menyebut sang nenek menyimpan uang kertas berbundel-bundel dalam sejumlah kaleng susu. Sayangnya, nggak jelas apakah uang tersebut disimpan dalam kondisi terbuka atau tertutup. Di mana kaleng-kaleng susu ini disimpan juga nggak disebutkan.

Sang perekam yang berjenis kelamin laki-laki hanya menyebut kasus ini terjadi di Penang. Uang-uang yang dibundel adalah lembaran 100 Ringgit Malaysia.

Sebaiknya nggak sembarangan menyimpan uang di dalam rumah agar nggak rusak. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Sebaiknya nggak sembarangan menyimpan uang di dalam rumah agar nggak rusak. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

“Ada 10 ribu Ringgit Malaysia (sekitar Rp 34,7 juta) dalam satu bundel, dan total ada 23 bundel. Jadi itu semua sekitar 230 ribu Ringgit,” ungkap sang pria sembari memperlihatkan uang yang sudah berserakan dan rusak.

Kasus yang mirip juga pernah terjadi di Indonesia. Warga Kelurahan Putat, Kapenewon Patuk, Gunungkidul, Yogyakarta bernama Sunardi (61) juga menabung uang sebanyak Rp 4 juta. Hanya, uang tersebut ludes dimakan rayap. Padahal, uang itu awalnya akan dibelikan bahan bangunan untuk memperbaiki halaman rumah.

Uang lembaran Rp 100 ribu sejumlah 40 lembar ini sudah disimpan di dalam plastik hitam dan dimakan rayap. Sayangnya, uang yang rusak ini nggak bisa ditukarkan di salah satu bank di Kota Yogyakarta karena bank tersebut tutup di masa pandemi.

Melihat fakta ini, jangan sembarangan menyimpan uang, apalagi dalam jumlah besar di rumah, ya Millens. Lebih aman di bank, tapi pastikan juga menabung di bank yang terpercaya! (Lin/IB09/E05)