Sambut Idulfitri, Jalur Pendakian Gunung Prau via Patakbanteng Ditutup

Sambut Idulfitri, Jalur Pendakian Gunung Prau via Patakbanteng Ditutup
Gunung Prau via Patakbanteng Ditutup per 2 Juni 2019. (Mesraberkelana)

Mulai 2 Juni mendatang, jalur pendakian Gunung Prau via Patakbanteng ditutup. Hal ini dilakukan dalam rangka menyambut Idulfitri.

Inibaru.id – Jalur pendakian Gunung Prau via Patakbanteng, Kejajar, Wonosobo bakal ditutup mulai 2 Juni 2019. Melalui surat edaran dari pengelola jalur Patakbanteng, penutupan dilakukan dalam rangka memperingati Idulfitri yang diperkirakan jatuh di awal Juni. Kabar penutupan ini diketahui melalui ungahan akun Instagram @prau2590mdpl.

Tanggal 2 Juni-5 Juni 2019 via Patak Banteng TUTUP dibuka lagi tanggal 6 Juni 2019,” keterangan dalam unggahan tersebut.

Meski begitu, hanya jalur berjuluk The Bull's Egg ini yang ditutup. Jalur pendakian Gunung Prau yang lain masih tetap dibuka. Bagi yang pengin mendaki Gunung yang berada di tiga kabupaten ini, kamu bisa lewat jalur Dieng, Ngelak, Kaliembu, Drawarawati, dan Wates.

Nggak hanya Gunung Prau, menjelang Idulfitri, jalur pendakian di sejumlah gunung di Indonesia juga ditutup. Beberapa di antaranya seperti jalur pendakian Gunung Sindoro via Sigedang dan Kledung serta pendakian Gunung Ciremai.

Penutupan itu didasari banyak alasan. Selain menyambut Ramadan dan Idulfitri, penutupan ini sekaligus dimanfaatkan untuk peremajaan jalur pendakian dan ekosistem gunung.

Sebelum mendaki, ada baiknya sobat Millens mengecek pengumuman penutupan jalur pada gunung yang bakal didaki. Oh iya, bila pengin mendaki selama Ramadan dan Idulfitri, pastikan kondisi badanmu fit serta alat pendakianmu lengkap, ya. Selamat mendaki! (IB24/E04)