Aman Nggak sih Punya Kuku Panjang?

Aman Nggak sih Punya Kuku Panjang?
Risiko memiliki kuku panjang. (Inibaru.id/ Lisa Putri Arsiwi)

Kuku yang panjang memang menarik untuk dipandang. Eits, tapi untuk kesehatan, aman nggak sih?

Inibaru.id – Bagi sebagian orang, memiliki kuku panjang yang cantik adalah suatu kebanggaan. Kuku yang indah itu bisa menunjang penampilan mereka agar terlihat lebih memukau. Beberapa di antara mereka bahkan sengaja memanjangkan kukunya dengan alasan tersebut.

Emm, nggak masalah sih mau kuku panjang atau pendek, tapi pastikan kukumu sehat dan bersih, Millens. Kuku panjang biasanya rentan patah dan rapuh. Kalau sudah patah, pertumbuhan kuku bisa jadi lambat.

Kuku yang panjang juga berisiko melukai jaringan lunak di bawahnya. Alhasil, daerah di sekitar kuku bisa bengkak dan nyeri. Kalau kuku tumbuh ke dalam, kamu bisa merasakan cantengan.

Oh iya, kuku rupanya sarang bakteri yang bisa memicu berbagai macam penyakit, lo. Jamur atau bakteri jahat ini bisa hidup di balik pertumbuhan kuku panjang. Hal ini berisiko terjadinya infeksi jamur kuku.

Kuku yang terinfeksi tersebut ditandai dengan perubahan warna kuku yang lebih gelap dan berbau nggak sedap. Banyak orang yang membiarkannya tanpa diobati, padahal infeksi bisa menjalar ke bagian kulit hingga ke seluruh jari. Duh, bahaya!

Nah, karena risiko-risiko itulah, kamu disarankan untuk rajin memotong kuku. Eits, tapi jangan terlalu dalam dan pendek ya karena bisa mengakibatkan cantengan.

Yuk, rawat dan pelihara kuku tangan dan kakimu, Millens! (IB31/E04)